NiasIsland.Com Logo

www.NiasIsland.Com
Providing you with some information about Nias Island

  Turia (News)
 

Thu, 14 September 2017 13:39:47
Lulusan Akpol dan PTIK Terbaik Akan Ditugaskan di Nias
Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw, tengah menggodok wacana penempatan lulusan terbaik Akademi Kepolisian (Akpol) dan Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisia ...

  • 

Tes Urine Mendadak, Empat Polisi di Polres Nias Positif Narkoba

  • 

Tersangka Kasus Korupsi Nias Water Park Segera Disidang

  • 

Tinjau UN di Nias, Gubsu Aminkan Harapan Menkum HAM

  • 

Nias Bisa Kembangkan Energi Terbarukan dari Laut

  • 

Proyek Pembangunan Tower Listrik di Nias Sengaja Dihentikan

  • 

Masyarakat Nias Protes Program Presiden Dihentikan

  • 

JR Saragih Siap Promosikan Potensi Pariwisata Nias Selatan

  • 

Seorang PNS Kabupaten Nias Hilang di Medan

  • 

DPN RKIH Berharap Pembangunan Universitas Negeri Nias Dipercepat

  • 

Pemerintah Bidik Nias Destinasi Andalan Dongkrak Kunjungan Wisman

  • 

Gempa 5,5 SR Guncang Nias Selatan, Tidak Berpotensi Tsunami

  Index  

  Last Commented
 
 

Fri, 06 July 2018 23:53:31 | Global Fund Foundation | uuuuuu | 197.210.172.17
DPRD: Rencana Konversi Karet di Nias Dipertanyakan70 Responses

 

Wed, 04 July 2018 13:52:40 | Bedizaro Laia | Pekanbaru | 113.212.123.201
PENDAFTARAN PROVINSI KEPULAUAN NIAS DI DEPARTEMEN DALAM NEGERI DAN DPR RI36 Responses

 

Sun, 24 June 2018 09:39:38 | Lina | Bali | 180.249.118.71
TANAH DI JUAL TELUK DALAM NIAS SELATAN2 Responses

 

Thu, 24 May 2018 20:27:06 | riski zalukhu | Bukittinggi | 203.78.119.17
Sejarah Masuknya Islam Di Nias18 Responses

 

Mon, 21 May 2018 15:51:52 | fisina bawamenewi | jl.mekatani | 120.188.92.185
Ferry Jet Jumbo Layani Pelayaran Sibolga-Nias 3 Jam2 Responses

 

Fri, 18 May 2018 08:37:34 | Melky | Panongan | 115.178.193.121
Selamat kepada Tema Adiputra Harefa atas Raihan "Doctor of Ministry"15 Responses

 

Tue, 15 May 2018 09:37:12 | Agustian | Diponegoro 70 pangkalan susu langkat | 116.206.38.43
Sumatera Eye Centre Gelar Operasi Katarak Gratis Kepada 30 Veteran Pejuang3 Responses

 

Mon, 19 September 2016 10:12:16
Pemerintah Bidik Nias Destinasi Andalan Dongkrak Kunjungan Wisman
Nias (WOL)

Pemerintah mulai membidik Pulau Nias sebagai destinasi wisata andalan nasional untuk mencapai target 10 juta wisatawan mancanegara tahun 2019. Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Maritim Luhut B Panjaitan didampingi Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan Gubsu H T Erry Nuradi di Bandara Binaka Nias, Sabtu (17/9).

"Presiden sudah minta, pantai di Nias Selatan kan termasuk tempat surving (berselancar:red) terbaik nomor dua dunia. Beliau ingin ini dikembagkan. Karena Presiden sudah menargetkan, penerimaan turis kita tahun 2019 mencapai 20 milyar dolar," ujar Luhut kepada wartawan.

Kehadiran Menteri Koordinator Maritim Luhut B Panjaitan bersama Menteri Hukum dan HAM Yasonnal Laoly dalam rangka membuka Pesta Ya'ahowu 2016 akan berlangsung di Kabupaten Nias Selatan pada Sabtu (17/9).

Hal yang sama diungkapkan Gubsu H T Erry Nuradi yang sebelumnya bersama Bupati dan FKPD Nisel berkesempatan mengunjungi lokasi Cagar Budaya Nasional di Desa Bawömataluo, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan. Desa adat Bawömataluo menurutnya melengkapi potensi wisata Nias Selatan lainnya baik keindahan alam Nias Selatan sekaligus tempat berselancar terbaik dunia.

"Desa dengan rumah adat berusia ratusan tahun ini merupakan peninggalan sejarah yang perlu dilestarikan sekaligus menjadi potensi andalan mendukung pengembangan wisata Nias Selatan," ujarnya yang didampingi Ketua TP PKK Evi Diana dan Assisten Ekbang Provsu Binsar Situmorang dan Kadis Pertambangan dan Energi Edy Salim serta Sekretaris Dinas Parwisata Sumut Avon Syahrullah.

Erry mengungkapkan kekagumannya akan warisan budaya yang diusulkan ke UNESCO sebagai warisan budaya dunia tersebut. "Kita bisa melihat perkampungan yang cukup asli dan unik yang menjadi ciri khas budaya Nias Selatan. Saya berharap perkampungan terus dilestarikan," kata Erry.

Dia menilai perlu dilakukan pembangunan infrastruktur seperti sarana air bersih dan drainase sehinggga daerah bisa menjadi andalan wisata. "Selain itu perlu dipersiapkan sarana wisata seperti toilet, rumah makan dan tempat penjualan souvenir sehingga bisa melengkapi perkampungan yang sudah sangat indah, penuh sejarah dan nilai budaya ini," katanya.

Gubernur menitipkan kepada Bupati Nias Selatan Hilarius Duha agar menjaga dan mengembangkan Desa Adat Bawömataluo. "Pemprovsu siap mendukung pengembangannya," kata Erry.

Upaya untuk mendukung pengembangan pariwisata di Nias, pemerintah berencana meningkatkan kondisi bandara Binaka sehingga bisa didarati pesawat berbadan lebar. " Landasan penerbangan mau diperpanjang landasan hampir 450 m, berarti pesawat berbadan lebar seperti Boeing 737- 400 atau Boeing 737- 500 bisa masuk, atau jenis bombardi bisa masuk. Sehingga diharapkan semakin banyak Turis asing masuk," ujar Luhut Panjaitan. Dari bandara, dengan perjalanan bermobil selama 2-3 jam, wisatawan sudah bisa mencapai lokasi.

"Dan nanti juga ada heli, sehingga kita berharap dalam 2 -3 tahun ke depan ini sudah jadi, Karen presiden sudah menargetkan, penerimaan turis kita tahun 2019 mencapai 20 milyar dolar," ujarnya. Pemasukan dari pariwisata menurutnya akan menjadi nomor 1 menyusul sektor perikanan, minerba dan minyak & gas (migas).

Bayangkan, kata Luhut, betapa strategisnya turisme, orang kadang sebelah mata, lupa turisme mencitakan lapangan kerja dan hasilkan devisa besar. "Namun harus dibuat agar rakyat ikut menikmati pegembangan wisatawan, bukan saja untuk kelas atas," katanya.

Kegiatan Pesta Ya'ahowu 2016 berlangsung tiga hari dimeriahkan dengan sejumlah atraksi budaya, lomba surving internasional di Pulau Tello, Nias Selatan, upacara adat Nias, atraksi budaya lokal Kepulauann Nias, atraksi tari perang, atraksi lompat batu, kuliner dan pameran kerajinan Kepulauan Nias.

(wol/rdn/data3)

First|Previous    Next|Last

Pick Date
No Resp-Time Resp-by Address Email IP
1. Wed, 30 August 2017 15:43:42 Hetiaro buulolo desa amorosa Nias selatan Hetiarobuulolo@mail.com 114.124.132.230
Seharusnya Pariwisata di Nias harus ditingkatkan agar beberapa Pantai yg memiliki Potensi Keindahan bisa dimanfaatkan sbg daya tarik Wisatawan Lokal dan turis asing utk dtg ke Nias..-Shg secara tdk langsung menambah pemasukan daerah dan Memberi peluang baru bagi putra/Putri dan msykt yg blm memiliki kerjaan utk kerja dibidangsektor tsbt jika berkenaan  Pemerintah daerah utk membantu msykt---Namun sbg pendukung utama utk Memperbesar Nama baik Pariwisata Nias agar dikenal oleh berbagai Kota di Indonesia dan Turis Manca Negara adalah tentu Keramahan dan kejujuran seluruh msykt Nias jika ada Turis Lokal dari Turis asing datang utk membantu jk ada yg berkunjung dipulau Nias-dan didukung Alat Transportasi dan Jalan harus baik/Layanan Listrik jgn hidup mati ditengah jalan hingga sampai kelokasi Pariwisata... shg para Wisatawan yg datang Bahagia/aman/Senang dan dikenang sepanjang masa Pulau Nias...-shg lain waktu dibawa berbondong-bondong turis lain utk dtg kedaerah kt di pulau Nias utk berkunjung Kembali....Andaikan positif masukan ini disosialisasikan kpd yg lain... dan jk salah tentu jgn dijadikan suatu masalah baru..tp dipakai pendapat phk lain yg lbh berbobot dan lbh baik Lagi...tksh....
2. Sat, 28 October 2017 11:31:35 Hetiaro buulolo Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias Selatan Hetiarobuulolo@ymail.com 114.125.53.148
Upaya Pemerintah Nias dan Nias Selatan utk menjadikan Pulau Nias Salah satu Daerah Pariwisata di Di Indonesia utk Meraih Simpatisan Turis lokal baik dari Medan/Sumatra Barat dan Pulau Jawa sampai ke Manca Negara sdh Menuju kelangkah yg positif dan baik yaitu terihat dari Semangat pemerintah Nias memperbaiki Jalan rusak/Membersihkan Pungli agar turis lokal dan Asing jk melewati jalan rusak merasa nyaman...krn hal itu sepele tp memiliki efek buruk yaitu bisa Merusak nama baik seluruh msykt Nias dan juga bisa merusak Nama baik Pariwisata di nias di mata Turis lokal dan Asing... tp Untung selama ini tdk ada pungli di jalan rusak dan di jalan raya krn phk Polri tiap2 polsek siaga menjalankan tugas dg baik..utk Menglengkapi hal2 itu tentu Perlu diperhatikan Alat Transpostasi dan air bersih disetiap wilayah dan Desa krn hal itu sangat Penting bagi kehidupan msykt kt dan para tulis Lokal dan Asing..Mungkin hal itu perlu dukungan para Kades dan Para camat disetiap kecamatan lewat memanfaatkan dana Alokasi desa itu utk Membangun Sumber air bersih disetiap lorong dan desa agar wisatawan tdk mengalami .kesusahan dimana mrk berkunjung diseluruh wilayah dan desa di pulau Nias ini..dgn keadaan sperti itu shg wisatawan berani membawa teman2nya yg lain dan pada akhir Pulau menjadi daerah wisatan idola dari berbagai daerah mulai dari medan hingga ke pulau Jawa dan wisatawan Internasional..tksh..dari 08128287047...
3. Fri, 15 December 2017 18:29:56 Hetiaro buulolo desa amorosa kec.Ulunoyo Lolomatua Hetiarobuuloloa@ymail.com 114.124.145.87
Langkah bagus upaya Pemerintah Jika Bidik Nias Destinasi Andalan Dongkrak Kunjungan Wisman" krn disamping Nias cpt dikenal oleh Widatawan Lokal dan Wisatawan Dunia bisa berdampak utk meningkatkan AzpDD daerah......tentu lewat dukungan bbrp faktor yaitu :Jalan dan Transportasi diperhatikan/ Dan Jangan hanya Lokasi Tempat Wisawan itu yg diperhatikan pembangunannya...tp perlu semua kecamatan dan desa diperhatikan dan dibangun fasilitas yg penting seperti air bersih ditiap desa krn Ada ADD utk mendukung hal itu...jgn dijadikan modal perorangan jelas keliru pola pikir seperti itu krn merugikan warga Lain dan merugikan arah pembangunan ditiap2 daerah & dimanapun desanya dinias ini bahkan di Jkt sendiri krn dana pembangunan jgn hanya dinikmati sekelompok oknum2 tertentu saja tp perlu pemerataan sesuai Amanah UU 45 dan Sila Ke 5 Pancasila yaitu Keadilan Sosial Bagi seluruh Rakyat Indonesia dan termasuk utk warga Desa--Barang siapa desa dan daerah yg tdk Menjalankan Amanah UU dan Sila ke 5 Pancasila tsbt jelas melanggar Hukum...dan Mudah-mudahan hal itu tdk terjadi krn tiap kecamatan dan phk polri yg faham hukum utk mengontrol hal itu dan termasuk LSM dan Pers yg cerdas...jk tdk reformis dan jujur jgn mendekat krn takut merusak dana pembangunan desa dan lain-lain.tksh--O8128287047

First|Previous    Next|Last

Number of records = 3
Response:
Your Name:
City or Home Address:
Email:

Responlah dengan sopan, tidak kasar, tidak merusak nama baik pihak lain, bukan fitnah, atau tidak bersifat ancaman maupun caci-maki.

Hindari menanggapi topik / respon yang tidak layak atau tidak pantas sehingga tujuan si pembuat topik / respon tidak tercapai.

Hindari menggunakan nama samaran yang mengacu pada nama atau identitas orang lain.

©2000-2008 NiasIsland.Com. All rights reserved.

The first version was launched on 9 Sept 2000