NiasIsland.Com Logo

www.NiasIsland.Com
Providing you with some information about Nias Island

  Angombakhata (Announce | Ad)
 

Sat, 29 April 2017 20:20:06 | Ono NIha (NN) | Sukoharjo | 202.152.158.227
OKNUM ONO NIHA BERNAMA YASON NDRURU SEDANG SAKIT KERAS (MATE DAMBAI)
Diberitahukan kepada sanak saudara/i, keluarga besar Yason Nduru dan atau kepada marga Nduru dan terlebih kepada ono niha di seluruh Indonesia.....pada tanggal ...

   

RUMAH DI JUAL SEGERA

   

Pesan Fiforlif di Nias sampai seluruh Indonesia

   

NIAS ECONOMIC FORUM / FORUM EKONOMI ONO NIHA

   

NEF (Nias Economic Forum)

   

GITA RENTAL

   

Pelantikan Ketua Umum Ikasa (Ikatan Keluarga Alasa-Alasa Talumuzoi-Alasa Tugala Oyo-Alasa Namohalu E

   

Pelantikan DPD dan DPC HIMNI Jawa Tengah

   

Jual Jam Tangan KW Super

   

Semi Final dan Final Badminton Open Tournament PKLN Cup 2015

   

Peluang Usaha

   

Final Volley Ball dan Tenis Meja Open Turnamen PKLN Cup 2015

  Index   Add

  Last Commented
 
 

Wed, 15 November 2017 03:59:46 | jane | 44 palm street | 197.210.227.49
Suster Klara dan Rumah Inap Kasihnya32 Responses

 

Wed, 08 November 2017 22:19:40 | Angeraigo Laia | Kac,Bawolato | 114.125.37.92
Ferry Jet Jumbo Layani Pelayaran Sibolga-Nias 3 Jam1 Responses

 

Sat, 28 October 2017 13:25:32 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias selatan | 114.125.53.210
Editor Media Online Dipanggil Penyidik Poldasu7 Responses

 

Sat, 28 October 2017 11:31:35 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias Selatan | 114.125.53.148
Pemerintah Bidik Nias Destinasi Andalan Dongkrak Kunjungan Wisman2 Responses

 

Tue, 24 October 2017 08:54:48 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias selatan | 114.125.57.8
DPRD: Rencana Konversi Karet di Nias Dipertanyakan29 Responses

 

Sun, 15 October 2017 14:41:09 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias Selatan. | 114.124.237.152
Kenapa Nias Tak Disukai Orang?6 Responses

 

Sun, 01 October 2017 19:29:32 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.ulunoyo nias selatan | 114.124.166.62
Tersangka Kasus Korupsi Nias Water Park Segera Disidang2 Responses

 

Wed, 28 March 2012 11:58:21 | leonardo (IP = 182.10.11.139) | medan
Nias selatan
Jakarta (NiasIsland.Com)

Masyarakat Nisel Diminta Ketat Awasi Kinerja Bupati Idealisman Dachi

MEDAN (Portibi DNP) : Tokoh Masyarakat Nisel Sobambowo B SH mengharapkan semua elemen masyarakat untuk mengawasi ekstra ketat kinerja Pemeritahan Kabupaten Nisel dibawah kepemimpinan Idealisman Dachi. Sudah satu tahun lebih mengemban amanat rakyat, tetapi hasilnya masih belum secara signifikan memberi dampak terhadap perubahan kehidupan sosial masyarakat. Bahkan ada beberapa kebijakan yg terkesan cukup kontversial.
Rencana penggusuran beberapa rumah warga dengan alasan pengembangan kota, pembangunan ruko dan pembukaan lahan sawit telah membuat warga merasa resah. Yang menjadi pertanyaan, apakah semua hal itu sudah didasarkan pada pemikiran yang jernih dan logis serta didukung hasil kajian dari berbagai pihak maupun aturan yang ada ? tapi jika hanya sekadar pencitraan dan merasa diri sebagai penguasa, ini yang akan celaka. Kekuasaan tidak identik dengan hukum, ketika kekuasaan itu disalahgunakan maka hukum yang berbicara.
"Saya kira, program kerja yang baik sangat diperlukan, sebab hampir sembilan tahun menjadi daerah otonom tapi yang paling menonjol kasus KKN yang sudah hampir memasuki semua lini. Jika ini tidak segera dibersihkan dan dibenahi, maka untuk menciptakan pemerintah yang baik dan berdaya guna hanya sebatas lips service belaka," sebut Sobambowo. Sebenarnya banyak Potensi SDA Nisel sudah tersedia dan sangat menjanjikan bila dikelola dengan baik tinggal pengembangan yang di perlukan.
Misalnya hasil laut dan hutan di Pulau Tello yang sudah menasional jika selama ini hanya dijadikan penghasil dan pemasok bahan baku tapi untuk bahan jadi masih dikelola di daerah lain, ini yang perlu dipikirkan. Menyinggung soal kasus tanah Gereja BNKP yang melibatkan mantan anggota DPR-RI dan kini menjadi Bupati Nisel, Sobambowo B SH yg juga sebagai praktisi hukum mengemukakan bahwa perjanjian sewa tanah tersebut, patut diduga bila unsur penipuan/pemalsuan maupun penyalahgunaan wewenang bisa saja terjadi. "Apalagi yg bersangkutan masih aktif sebagai pejabat negara. Namun karena ini sudah masuk ranah hukum kita tunggu proses selanjutnya," kata dia.nP0

Sumber Harian PORTIBI

First|Previous    Next|Last

Pick Date
No Resp-Time Resp-by Address Email IP
1. Thu, 29 March 2012 21:59:13 Peduli Bosan boroexlazarus.buulolo@yahoo.co 210.79.216.21
Semoga ada yang benar-benar PEDULI
2. Sun, 01 April 2012 16:19:04 Asalai Dakhi Paseban asali_dakhi@yahoo.com 210.79.216.21
Sdra. Sombambowo, saya sangat setuju dengan pendapat saudara, dan bukan hanya penggusuran, pembangunan ruko dan lahan sawit, tapi ada 1 hal yang sangat dan paling meresahkan masyarakat kecil adalah Menolaknya program Pemerintah pusat untuk pengembangan masyarakat miskin yaitu program PNPM Mandiri Pedesaan.
Program ini telah ditolak mentah2 oleh Bupati Nias Selatan Idealisman Dakhi, sehingga Dirjen Pemberdayaan Masyarakat telah menginstruksikan untuk mencabut semua Fasilitator PNPM mulai dari Fasilitator Kabupaten hingga Fasilitator Kecamatan sejak 31 Maret 2012, sehingga Nias Selatan.

Sangat disayangkan, seorang bupati menolak program pemberdayaan masyarakat di daerahnya. Anehnya juga, tidak ada 1 pun masyarakat yang protes masalah ini, semua bungkam termasuk DPRD yang tidak bisa berpihak kepada masyarakat banyak. Semoga hal ini menjadi perhatian bersama.
3. Sun, 08 April 2012 12:42:11 Samahato Buulolo / DPRD Nisel Kec. Lahusa sambul70@yahoo.com 39.208.212.22
Sdra. #resp.2, saya sebagai Anggota DPRD Kab. Nisel menjelaskan kepada kita semua bahwa tidak semua DPRD Nisel bungkam atau menjadi "boneka remod" penguasa untuk menggagalkan bantuan PNPM-MP di Nisel, sebab pada Pembahasan dan Pengesahan APBD-P Nisel TA. 2011 telah ditampung Dana Cost Sharing PNPM-MP sebesar Rp. 6 miliar lebih supaya tidak terblokirnya sisa Dana PNPM-MP TA. 2011 sebesar Rp. 13 miliar dan agar alokasi bantuan PNPM-MP TA. 2012 di Nisel sebesar Rp. 42 miliar tidak terkendala.

Namun Pemerintah Kab. Nisel secara sepihak mencoret Dana Cost Sharing PNPM-MP tersebut sehingga terjadinya perdebatan alot disaat pembahasan atau sinkronisasi hasil evaluasi Perda APBD-P Nisel TA. 2011 dari Gubsu karena sebagian kecil anggota DPRD Nisel tetap mempertahankan pengalokasian Dana Cost Sharing PNPM-MP tersebut tetapi tidak dapat berbuat banyak karena sebagian besar Anggota Badan Anggaran DPRD Nisel menyetujui Pencoretan/Peniadaan Dana Cost Sharing PNPM-MP TA. 2011 dimaksud sehingga kehendak Pemkab Nisel berhasil.

Pada saat itu juga oleh Sekdakab Nisel Drs. Asa'aro Laia,MPd menegaskan bahwa Pencoretan / Peniadaan Dana Cost Sharing PNPM-MP TA. 2011 dalam APBD-P Nisel tidak menjadi hambatan proses pencairan sisa Dana PNPM-MP TA. 2011 di Nisel dan tidak menjadi kendala bantuan PNPM-MP TA. 2012 di Nisel karena Bupati Nisel telah menemui Menko Kesra RI Agung Laksono membicarakan mengenai PNPM-MP tersebut dan Menko Kesra telah menyetujui untuk Meniadakan Dana Cost Sharing PNPM-MP di Nias Selatan karena merupakan Daerah Tertinggal.

Dalam hal ini, saya yakin dan percaya bahwa bantuan PNPM-MP di Nias Selatan tidak bakal ditutup karena Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan sangat lebih tahu bahwa PNPM-MP itu merupakan program yang sangat membantu masyarakat pedesaan selama ini didalam pembangunan berbagai infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat Desa sehingga sebagai Pemimpin yang selalu mengatakan "Pro Rakyat" tidak membiarkan Penutupan PNPM-MP di Nisel terjadi dan apalagi hal sekecil itu tidak berat kepada Bupati Nisel untuk menyelesaikannya ditingkat Pusat.

Akan Tetapi, seandainya bantuan PNPM-MP di Nisel benar-benar telah ditutup atau dihentikan oleh Pemerintah Pusat disebabkan Dana Cost Sharing tidak disetujui atau tidak disediakan oleh Pemkab Nisel, maka sangat disayangkan dan dapat berakibat fatal serta dapat merusak kredibilitas Pemkab Nisel karena selama ini selalu menyuarakan "Perubahan dan Pro Rakyat" dan akhirnya semua itu akan luntur dan hancur akibat kepentingan masyarakat pedesaan terabaikan dan terlupakan.

Memang wajib kita akui bahwa bantuan PNPM-MP tidak dikelola oleh Pemerintah Daerah sehingga tidak kebagian apa2 walaupun anggarannya puluhan miliar rupiah karena langsung dilaksanakan oleh masyarakat kecil ditingkat Desa, namun hal tersebut seharusnya semua pihak bersyukur karena dengan adanya bantuan PNPM-MP maka masyarakat Desa dapat terbantu baik mengenai pembangunan berbagai infrastruktur yang dibutuhkan maupun keterbukaan lapangan kerja untuk mendapatkan nafkah sehari-hari.

Nias Selatan memiliki Pemimpin "Perubahan dan Pro Rakyat" sehingga tidak mungkin Bantuan yang sudah ada dirubah menjadi Tidak Ada, tetapi akan berjuang melakukan Perubahan Nilai Anggaran PNPM-MP TA. 2012 di Nisel dari Rp. 42 miliar menjadi 2x lipat dan sisa Dana PNPM-MP TA. 2011 di Nisel dari Rp. 13 miliar diusahakan dirubah menjadi 2 s/d 3 kali lipat dengan tujuan supaya masyarakatnya ditingkat Pedesaan menjadi lebih sejahtera dan makmur.

Sebagai infor tambahan kepada kita semua, pada perikopen BNKP Tahun 2011 didalamnya tercantum semua aset BNKP yang salah satunya SMK Swasta BNKP Daro-Daro Kecamatan Lahusa, namun pada Perikopen BNKP Tahun 2012 telah terlupakan atau silaf mencantumkan SMK Swasta BNKP Daro-Daro Kecamatan Lahusa tersebut, dihimbau kepada Bapak Ephorus BNKP untuk mengoreksi hal ini agar semua aset BNKP tetap aman dan utuh serta supaya Warga BNKP diseluruh penjuru dapat mengetahuinya.

Terima kasih.
4. Mon, 09 April 2012 08:07:50 Edo Zagoto Hilifalawu/Telukdalam edo_zgt79@yahoo.com 39.213.3.25
Statement diatas, diduga provokasi. saya hanya berharap sbg putra nias (nisel khususnya) marilah kita bergandeng tangan membangun nias, Pemimpin harus bs dikritik, masyarakat yang baik bisa mengkritik bupati, dan haruslah dengan kritik sehat alias kritik membangun. kita hindarilah kritikan yg mengandung provokasi. perlu dipisahkan urusan negara dan urusan pribadi/client.

Sebagai akademisi dan praktisi statementnya bagus alias hebat. tp no action. marilah kita berikan kesempatan kepada mereka untuk membangun nias, krn menurut saya ada juga sebahagian program pemda yang menyentuh masyaratkan.

maafkan daku krn ini kurang berkenan.

Edo Zagoto
Mahasiswa Pascasarjana
Ilmu Hukum-UIR

First|Previous    Next|Last

Number of records = 4
Response:
Your Name:
City or Home Address:
Email:

Responlah dengan sopan, tidak kasar, tidak merusak nama baik pihak lain, bukan fitnah, atau tidak bersifat ancaman maupun caci-maki.

Hindari menanggapi topik / respon yang tidak layak atau tidak pantas sehingga tujuan si pembuat topik / respon tidak tercapai.

Hindari menggunakan nama samaran yang mengacu pada nama atau identitas orang lain.

2000-2008 NiasIsland.Com. All rights reserved.

The first version was launched on 9 Sept 2000