NiasIsland.Com Logo

www.NiasIsland.Com
Providing you with some information about Nias Island

  Angombakhata (Announce | Ad)
 

Sat, 29 April 2017 20:20:06 | Ono NIha (NN) | Sukoharjo | 202.152.158.227
OKNUM ONO NIHA BERNAMA YASON NDRURU SEDANG SAKIT KERAS (MATE DAMBAI)
Diberitahukan kepada sanak saudara/i, keluarga besar Yason Nduru dan atau kepada marga Nduru dan terlebih kepada ono niha di seluruh Indonesia.....pada tanggal ...

  • 

RUMAH DI JUAL SEGERA

  • 

Pesan Fiforlif di Nias sampai seluruh Indonesia

  • 

NIAS ECONOMIC FORUM / FORUM EKONOMI ONO NIHA

  • 

NEF (Nias Economic Forum)

  • 

GITA RENTAL

  • 

Pelantikan Ketua Umum Ikasa (Ikatan Keluarga Alasa-Alasa Talumuzoi-Alasa Tugala Oyo-Alasa Namohalu E

  • 

Pelantikan DPD dan DPC HIMNI Jawa Tengah

  • 

Jual Jam Tangan KW Super

  • 

Semi Final dan Final Badminton Open Tournament PKLN Cup 2015

  • 

Peluang Usaha

  • 

Final Volley Ball dan Tenis Meja Open Turnamen PKLN Cup 2015

  Index   Add

  Last Commented
 
 

Wed, 15 November 2017 03:59:46 | jane | 44 palm street | 197.210.227.49
Suster Klara dan Rumah Inap Kasihnya32 Responses

 

Wed, 08 November 2017 22:19:40 | Angeraigo Laia | Kac,Bawolato | 114.125.37.92
Ferry Jet Jumbo Layani Pelayaran Sibolga-Nias 3 Jam1 Responses

 

Sat, 28 October 2017 13:25:32 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias selatan | 114.125.53.210
Editor Media Online Dipanggil Penyidik Poldasu7 Responses

 

Sat, 28 October 2017 11:31:35 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias Selatan | 114.125.53.148
Pemerintah Bidik Nias Destinasi Andalan Dongkrak Kunjungan Wisman2 Responses

 

Tue, 24 October 2017 08:54:48 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias selatan | 114.125.57.8
DPRD: Rencana Konversi Karet di Nias Dipertanyakan29 Responses

 

Sun, 15 October 2017 14:41:09 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias Selatan. | 114.124.237.152
Kenapa Nias Tak Disukai Orang?6 Responses

 

Sun, 01 October 2017 19:29:32 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.ulunoyo nias selatan | 114.124.166.62
Tersangka Kasus Korupsi Nias Water Park Segera Disidang2 Responses

 

Wed, 18 January 2012 22:02:25 | RENCUSMAN HALAWA (IP = 182.2.253.172) | Jakarta
Siapa Wakil Nias Pada Pemilihan Gubernur Sumut 2013?
Jakarta (NiasIsland.Com)

Siapa Wakil Nias Pada Pemilihan Gubernur Sumut 2013?


Tahun depan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan menggelar pemilihan gubernur baru. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumut telah menetapkan tanggal 7 Maret 2013 sebagai waktu perhelatan itu.

Sampai saat ini, belum ada gambaran siapa yang akan mengikuti laga politik ini. Yang jelas, pejabat petahana (incumbent) dipastikan akan mencalonkan diri lagi.

Pulau Nias dengan lima daerah otonomi di dalamnya, Kabupaten Nias, Kota Gunungsitoli, Nias Selatan, Nias Barat dan Nias Utara adalah bagian tak terpisahkan dari kegiatan itu.

Pertanyaan pentingnya adalah, setelah sekian lama, sejak PR Telaumbanua (almarhum) menjadi Putra Nias pertama yang menjadi Gubernur Sumut, apakah ada generasi berikutnya yang bisa meneruskan suksesi itu untuk memimpin Sumut.

Atau sebaliknya, kenyataannya akan tetap seperti tampak berpuluh tahun terakhir ini, dimana bahkan tidak ada satupun yang lolos hingga berstatus calon Gubsu. Bakal calonpun, hampir tidak ada.

Alhasil, selama ini Pulau Nias hanya menjadi ladang suara bagi kandidat luar Pulau Nias yang pada umumnya hanya datang dan menunjukkan simpatinya kepada warga Nias jelang pilkada. Setelah itu, mengabaikannya, melupakannya.

Apakah seburuk itukah kondisi saat ini? Tidak adakah generasi muda Pulau Nias yang punya kapasitas untuk dicalonkan dan mencalonkan diri?

Beberapa pendapat yang Nias Online himpun mengatakan, tidak seperti itu. Putra-putri Nias yang tersebar di berbagai tempat, termasuk di luar Pulau Nias, punya kapasitas untuk dicalonkan dan mencalonkan diri memimpin Sumut.

Warga Nias di Medan, Turunan Gulö mengatakan, beberapa putra Nias sebenarnya memiliki kapabilitas walau disertai sedikit keraguan terkait elektabilitasnya. Dia menyebut, salah satu nama yang potensial untuk bersaing adalah Dr. Yasonna H. Laoly dan Hekinus Manaö.

Menurut dia, Yasonna punya modal pemilih potensial berbasis tradisional. Yakni, pemilih asal Pulau Nias, kelahiran Tapanuli dan istrinya yang berasal dari Karo. Kemudian, dari sisi partai politik pengusung, Yasonna sendiri adalah kader bahkan salah satu pengurus DPP PDIP. Dia juga dinilai memiliki jaringan di seluruh Sumut.

“Masih dia (Yasonna) saat ini yang memiliki kans. Kalau Firman (Firman Jaya Daely) sudah terputus selama beberapa tahun ini. Para bupati saat ini juga tidak punya jaringan di luar Nias. Kemampuan mereka masih level lokal Nias. Pak Hekinus Manaö juga bisa, tapi dia juga orang kesepian di politik. Jadi agak repot juga,” papar dia.

Tapi dia mengingatkan, kalau memang ingin berlaga, harusnya dari sekarang ini para kandidat itu tidak diam-diam saja. Tapi mulai menunjukkan diri dan bermain di media. Sebab, bagi calon dari Pulau Nias, tidak mungkin hanya mengandalkan pemilih asal Nias. Karena warga Niaspun bisa dipastikan, tidak akan 100% mendukung. Bisa karena tidak memilih (golongan putih/golput) ataupun karena suaranya ‘dibeli’ oleh kandidat lain.

“Harus ada engineering. Harus melakukan media campaign yang bisa dikelola secara cerdas. Sebab, selain kapasitas, soal elektabilitas dan logistik juga sangat menentukan,” jelas dia.

Anton Anötöna Zagötö, warga Nias Selatan di Jakarta mengatakan, mestinya ada yang berani mencalonkan diri, walau tidak harus menang. Namun, secara politik dengan ikut berlaga, akan memiliki dampak positif ke depan bagi masyarakat Nias.

“Bila ada orang Nias yang mencalokan diri, akan memotivasi masyarakatnya dalam bidang apapun bahwa orang Nias itu bisa,” kata dia.

Menurut dia ada beberapa nama yang punya kapasitas. Di antaranya, Hekinus Manaö, Yasonna H. Laoly dan Mayjen Christian Zebua. Meski begitu, yang mesti dipikirkan dan disiapkan dari sekarang adalah, mesin politik yang akan mengusung mereka.

Praktisi media asal Kabupaten Nias di Jakarta, Apolonius Lase mengatakan hal serupa. Menurut dia, saat ini banyak Putra Nias yang kapabel dan punya kemampuan untuk menjadi kepala daerah.

“Saya pikir, orang Nias harus ada keberanian untuk mencalonkan diri. Saatnya hal itu kita buktikan setelah PR Telaumbanua. Kapan lagi kalau bukan sekarang,” ujar dia.

Soal kandidat, pria yang biasa dipanggil Apolo ini menyebut beberapa nama. Yakni, Firman Jaya Daeli, Yasona Laoly, Christian Zebua dan Hekinus Manaö. Cuma, menurut dia, Hekinus Manaö sepertinya tidak tertarik untuk hal itu, karena dia bukan politisi. Sementara Mayjen Christian Zebua, kata dia, sejauh ini tidak memiliki massa dan kurang dikenal publik.

“Pak Hekinus harus didorong jadi Menteri Keuangan. Kalau Mayjen Christian Zebua, harusnya turun gunung biar populer. Karena ini skalanya bukan hanya Nias,” jelas dia.

Sementara itu, aktivis LSM di Pulau Nias, Oneman Halawa mengatakan, ide pencalonan Putra Nias menjadi kandidat Gubsu merupakan hal yang wajar dan positif. Hal itu perlu dipikirkan untuk mempersiapkan putra terbaik Nias untuk itu, seperti pernah terjadi pada masa PR Telaumbanua (almarhum).

“Ini menjadi tantangan bagi kita orang Nias. Hal yang tepat kalau ada yang maju sebagai salah satu calon,” kata dia.

Terlepas nanti terpilih atau tidak, saat ini, sudah saatnya orang Nias tampil di level Provinsi Sumut. Direktur Eksekutif Forum Peduli Tanö Niha (Forniha) itu menegaskan, lembaga yang dipimpinnya akan mendukung bila ada putra-putri Nias yang bisa mencalonkan diri.
Ditanya mengenai figur-figur yang memiliki kapabilitas, Oneman mengatakan, Yasonna H. Laoly, Hekinus Manaö dan Christian Zebua merupakan tiga nama yang cukup ternama di kalangan warga Nias.

“Ketiganya cukup ternama. Saya rasa bisa. Tinggal memilih siapa di antara mereka yang diusulkan dan diusung sebagai calon terbaik,” jelas dia.

Meski begitu, kata dia, masyarakat juga perlu tahu lebih dahulu pernyataan dari nama-nama tersebut mengenai kesediaan dan kesiapan untuk mencalonkan diri.

Sebagai catatan, PR Telaumbanua, adalah satu-satunya Putra Nias yang pernah memimpin Sumut. Setelah sebelumnya menjadi Walikota Medan (10 Oktober 1964-28 Agustus 1965), kemudian menjadi Gubernur Sumut ke-10 dengan masa kepemimpinan dari 16 November 1965-31 Maret 1967).
Dia menggantikan Untung Sitepu dan kemudian digantikan oleh Marah Halim Harahap.

Soal kapabilitas memimpin Sumut, Pulau Nias punya banyak stok putra terbaiknya. Baik di Pulau Nias maupun di luar Pulau Nias. Namun, satu hal penting untuk tahap pertama adalah, adakah yang mau mencalonkan diri ataupun dicalonkan?

First|Previous    Next|Last

Pick Date
No Resp-Time Resp-by Address Email IP
1. Thu, 19 January 2012 16:54:07 Sintya kurniawan depok sin_78@yahoo.co.id 111.94.247.160
Orang Nias mah jago kandang. Buktinya, sebagian besar kepala daerah berasal dari luar luar nias (berkarir di luar)
2. Thu, 19 January 2012 19:50:28 kasih gunungsitoli lala@yahoo.com 180.251.6.159
Ada dan namanya Idealisman Dachi ^_^
3. Fri, 20 January 2012 00:22:42 ononiha jakarta ononiha@yahoo.com 182.5.81.119
Sdra Rencusman,
kayaknya Anda hobi copy-paste berita ya. gak salah sih. cuma, jangan lupa utk lengkapi siapa narasumber di bagian akhir tulisan itu.

sprtinya, sudah dua tulisan anda copy paste dari niasonline.net. Coba prhatikan tulisn aslinya. Di bagian bawah stiap tulisan ada nama penulisnya atas nama Etis Nehe. Tapi anda hapus semuanya. juga tidak menulis alamat tulisan yg dicopy, yakni www.niasonline.net. kasihan penulisnya yg sdh capek2 menulisnya. lalu anda datang main copy dan menghapus namanya. kesannya kemudian, tulisan ini karya anda. belajar mengharga hsl krya orang lain.
4. Thu, 26 January 2012 00:45:24 Yamon Gea S.Sos Batam y4mon@yahoo.com 125.163.151.31
Pesta demokrasi Pemilihan Gubernur Sumut merupakan tantangan sekaligus kesempatan bagi putra-putri terbaik Nias untuk menunjukkan kepada Daerah lain bahwa Nias tidak dapat dianggap sebelah mata sekarang ini..Tapi sayang,kayaknya tidak ada satu pun putra-putri Nias yang tertarik untuk ikut ambil bagian dalam pemilihan Gubsu tersebut..........Seharusnya jauh-jauh hari sudah ada gebrakan tokoh-tokoh Nias dalam pentas politik Nasional dan lokal(Sumut) untuk mengusung calon dari masyarakat Nias.......KIta memang selalu terlambat dalam mempersiapkan diri/SDM dalam percaturan politik Nasional dan Lokal.........Contohnya mengenai Propinsi Kepulauan Nias,dimana sebenarnya kesempatan dalam mencetuskan dan mendorong agar Nias menjadi sebuah propinsi berbarengan dengan pembentukan beberapa propinsi di Indonesia pada beberapa tahun yang lalu dimana pimtu sudah terbuka bagi Nias untuk menjadi satu propinsi......tapi sayang persiapan diri mengarah ke situ belum ada.........yang ada hanya pemimpin/tokoh-tokoh Nias hanya memikirkan kepentingan dirinya sendiri.......sementara masyarakat Nias pada umumnya pandainya hanya untuk menjatuhkan lawannya,berpikiran masih di situ-situ aja......Kalau kita Nias mau maju dan dapat diperhitungkan di Tingkat Nasional dan lokal.........tolong seluruh orang kita Nias harus menghilangkan sikap dan sifat yang berusaha menghujat dan menjatuhkan orang lain sesama orang Nias,......mari kita meluaskan wawasan dengan membandingkan diri kita/daerah Nias dengan daerah lain,dan mengajukan pertanyaan dalam hati masing-masing: kenapa kami orang Nias jauh tertinggal dengan daerah lain di Indonesia...............
Usaha untuk mengusung calon Gubsu dari daerah Nias sangat positif ke depan walaupun nanti gagal di tengah jalan,tetapi masyarakat daerah lain di Sumut dan tingkat Nasional tidak memandang enteng orang Nias di mana orang Nias sudah terbuka mata dan pengetahuannya,sudah maju......
Terima kasih........yaahowu.
5. Thu, 26 January 2012 10:48:57 Gatot medan gatot@yahoo.co.id 111.94.247.160
Ngaca, ngaca, ngaca....................
6. Thu, 26 January 2012 16:25:31 Ratna Gunung Sitoli Ratna@yahoo.com 206.53.152.166
Ayo...pak IDEALISMAN DAKHI

Bupati Nias selatan....

Yang Punya Nyali Besar utk Memimpin

Beliau telah membuktikan di Nias Selatan

Kalah Menang soal biasa,

Tks
7. Thu, 26 January 2012 22:24:49 Lelaki jantan Gunungsitoli lelakijantan@yahoo.com 39.209.71.137
calonin David De Gea aja, pasti terpilih
dia kan orang nias marga gea, slain tu dia jga pemain bola profesional yg bermain di MU
dijamin seluruh warga sumut pasti memilihnya
Orang nias pasti akan menang
8. Fri, 27 January 2012 22:16:39 deph harefa Lahusa, Kab.Nias Selatan pengalamanhatiharefa@ymail.com 110.137.32.163
w setuju dengan Pak Yasona. lebih baik.....
9. Sat, 28 January 2012 14:04:11 Tohu Buulolo Batusalawa-Nias Selatan boroexlazarus.buulolo@yahoo.co 210.79.216.21
Terserah dari mana asal usulnya,,,,,,, Yang penting jika "BALON GUBSU" bermarga "NIAS" saya akan mendukung dan siap menjadi relawan untuk menyukseskanNYA titik.......hehehehehehehe
10. Thu, 09 February 2012 00:06:33 Aguspian zalukhu Nias utara agus_pian95@yahoo.com 141.0.10.199
Sangat setuju dgn pak yasona laoly...atau dgn
Pak Analisman zalukhu angota Dprd sumut bisa diandalkan sbg calon gubsu/wagubsu.
11. Fri, 10 February 2012 11:23:17 crissye putra aechula www.usman-gulo@yahoo.com 141.0.10.168
siapapun dia cagub sumut, asalkan dari kepulauan nias, Hidup mati pasti kupilih dan siap menjadi relawan untuk mensukseskannya. Asalkan boi simane Harita olifu ia gulinia. He..... Warga Ono niha marilah kita bersatu dan tinggalkan perbedaan pendapat selama ini. Saya yakin bahwa ada Putra nias yang bisa, kapan lagi? Inilah saatnya menunjukan bahwa ono niha mampu, dan harato sebua wahasara dodo. Ingat!?!? Sdh dimulai oleh bpk PR Telaumbanua, lalu siapa Gubsu ke - 2 dari nias......? Yaitolo ita lowalangi.
12. Thu, 23 February 2012 19:12:37 leo.joe Nisel leo.joe22@yahoo.com 182.3.76.231
kita siap mendukung putra terbaik NIAS untuk menjadi pemimpin SUMUT. satukan hati dan semangat untuk memberi dukungan untuk membuktikan bahwa Putra NIas mampu bersaing sehat.

First|Previous    Next|Last

Number of records = 12
Response:
Your Name:
City or Home Address:
Email:

Responlah dengan sopan, tidak kasar, tidak merusak nama baik pihak lain, bukan fitnah, atau tidak bersifat ancaman maupun caci-maki.

Hindari menanggapi topik / respon yang tidak layak atau tidak pantas sehingga tujuan si pembuat topik / respon tidak tercapai.

Hindari menggunakan nama samaran yang mengacu pada nama atau identitas orang lain.

©2000-2008 NiasIsland.Com. All rights reserved.

The first version was launched on 9 Sept 2000