NiasIsland.Com Logo

www.NiasIsland.Com
Providing you with some information about Nias Island

  Angombakhata (Announce | Ad)
 

Sat, 29 April 2017 20:20:06 | Ono NIha (NN) | Sukoharjo | 202.152.158.227
OKNUM ONO NIHA BERNAMA YASON NDRURU SEDANG SAKIT KERAS (MATE DAMBAI)
Diberitahukan kepada sanak saudara/i, keluarga besar Yason Nduru dan atau kepada marga Nduru dan terlebih kepada ono niha di seluruh Indonesia.....pada tanggal ...

   

RUMAH DI JUAL SEGERA

   

Pesan Fiforlif di Nias sampai seluruh Indonesia

   

NIAS ECONOMIC FORUM / FORUM EKONOMI ONO NIHA

   

NEF (Nias Economic Forum)

   

GITA RENTAL

   

Pelantikan Ketua Umum Ikasa (Ikatan Keluarga Alasa-Alasa Talumuzoi-Alasa Tugala Oyo-Alasa Namohalu E

   

Pelantikan DPD dan DPC HIMNI Jawa Tengah

   

Jual Jam Tangan KW Super

   

Semi Final dan Final Badminton Open Tournament PKLN Cup 2015

   

Peluang Usaha

   

Final Volley Ball dan Tenis Meja Open Turnamen PKLN Cup 2015

  Index   Add

  Last Commented
 
 

Sat, 18 November 2017 10:55:03 | Mohammad | Bali | 197.211.57.123
DPRD: Rencana Konversi Karet di Nias Dipertanyakan30 Responses

 

Wed, 15 November 2017 03:59:46 | jane | 44 palm street | 197.210.227.49
Suster Klara dan Rumah Inap Kasihnya32 Responses

 

Wed, 08 November 2017 22:19:40 | Angeraigo Laia | Kac,Bawolato | 114.125.37.92
Ferry Jet Jumbo Layani Pelayaran Sibolga-Nias 3 Jam1 Responses

 

Sat, 28 October 2017 13:25:32 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias selatan | 114.125.53.210
Editor Media Online Dipanggil Penyidik Poldasu7 Responses

 

Sat, 28 October 2017 11:31:35 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias Selatan | 114.125.53.148
Pemerintah Bidik Nias Destinasi Andalan Dongkrak Kunjungan Wisman2 Responses

 

Sun, 15 October 2017 14:41:09 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias Selatan. | 114.124.237.152
Kenapa Nias Tak Disukai Orang?6 Responses

 

Sun, 01 October 2017 19:29:32 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.ulunoyo nias selatan | 114.124.166.62
Tersangka Kasus Korupsi Nias Water Park Segera Disidang2 Responses

 

Mon, 12 October 2009 20:22:20 | FONAHA SOCHI ZAI (IP = 118.96.102.172) | BOGOR
KECAMATAN IDANO GAWO DAN HASIL PEMEKARANNYA KECAMATAN BAWALATO DAN KECAMATAN HOLI KEBERATAN NIAS TIMUR DIKLAIM OLEH GOMO DAN LAHUSA
Jakarta (NiasIsland.Com)

Kami dari wilayah kecamatan Idano Gawo dan beberapa hasil pemekaran kecamatannya keberatan Nias Timur tidak melibatkan masyarakat Wilayah kami sebagai bagian dari NiAS TIMUR. Walaupun bukan satu kesalahan tapi tokoh-tokoh dari GOMO & LAHUSA harus mengajak duduk bersama untuk membangun wilayah timur Nias. Kami akui tokoh-tokoh masyarakat GOMO terutama jauh lebih berani mendeklarasikan. Tapi bukan dalam artinya sudah cukup dengan mendeklarasikan.

Menurut hemat kami sebenarnya Nias Timur lebih elegan jika kabupaten NIAS INDUK sekarang dirubah namanya jadi Nias Timur dengan mengajak masyarakat GOMO & lahusa yang cenderung lebig enjoy dengan wilayah ini. Namun kami menyesalkan tokoh-tokoh dari Wilayah GIDO, SOGAEADU, IDANO GAWO& BAWALATO tidak punya kemauan baik untuk menggagas lebih dulu.

Untuk itu kita minta kepada tokoh-tokoh masyarakat wilayah yang saya maksud diatas segera BANGUN jangan TIDUR LAGI seperti lagu mbah surip. Kalaupun tidak bisa sendiri kita wujudkan setidaknya bersama-sama dengan gomo dan lahusa yang lebih dulu berinisiatif duduk bersama. Zona ekonomi dari gido sampai ke gomo sangat tepat jika di bangun serentak dengan menyatukan dalam satu kebijakan melalui satu pemerintahan daerah sendiri yakni KABUPATEN NIAS TIMUR hal ini sesuai sejarahnya bahwa sebelumnya sentra ekonomi wilayah nias timur yang dimaksud ada di IDANOGAWO. Dan jauh lebih hebat lagi nanti kalau jadi propinsi ibu kota propinsinya di IDANO GAWO. Maka jangan tidur teruuuus wahai tokoh-tokoh yang peduli kawasan ini.

Ingat MBOMBOAUCHU (mata air panas satu-satunya di nias) adanya di IDANO GAWO mestinya lebih PANAS IDANO GAWO dari yang lain. Logikanya masa tidur kalau lagi panas? kecuali sudak kenyang dengan NIAS INDUK sekarang!

First|Previous    Next|Last

Pick Date
No Resp-Time Resp-by Address Email IP
1. Mon, 12 October 2009 22:29:47 Ivolala Ndruru,SH Jakarta ivondruru@yahoo.com 114.124.16.46
Kata orang tua "lo ta'ila na ono atau boyo" tapi sudah diributkan ? Keberatannya saudara dari Kec Bawolato, Idanogawo dan Gido penggunaan istilah Nias Timur yang digagas oleh beberapa rekan kita dari masyrakat Kec Gomo dan Lahusa menurut saya tidak beralasan, karena baik Kec Gomo atau Kec Lahusa tidak pernah mengklaim istilah Nias Timur hanya digunakan oleh 2 kecamatan tersebut. Saya justru saya sangat mendukung apabila kita bergabung menjadi Nias Timur sehingga dapat lebih kuat, namun apakah bisa disetujui oleh masing-masing Kab Induk yaitu Kab Nisel dan Kab Nias nah ini menjadi satu pergumulan ?
Ide ini bisa saja dikembangkan walaupun tentu tidak mudah dan banyak hambatan. Yaahowu !

Ivolala Ndruru,SH
2. Tue, 13 October 2009 14:19:23 FOLIUS HURA, S.Kom JAKARTA fohu_liusra@yahoo.co.id 125.160.246.51
kpd saudara resp. no.1, peribahasa' lotaila naono ba naboyo' kita sudah ributkan duluan. Benar kalau untuk yang menglahirkan itu tepat. Tapi masalah pembentukan daerah Nias timur adalah hal yang berbeda. Kita semua lebih baik bertengkar pada awalnya supaya perjuangan bisa dirumuskan oleh para orang tua kita. Kalau ributnya baru ditengah justru sangat berbahaya dan mengancam perjuangan itu sendiri.



.Jangan meniru proses suatu pembentukan kabupaten pemekaran sebelumnya yang pada awalnya adem saja tapi giliran sudah jadi maka ada yang ngomong A yang lain ngomong B dan yang lain lagi ngomong C malah pakai ancam mengancam pake otot dan parang. Itu sama dengan "obe dola famaudu nasu".
respon tentang pentingnya mengajak duduk wilayah gido, sogae adu, idano gawo ,bawalato dll bersama dengan tokoh-tokoh dari gomo wajib hukumnya dan lahusa adalah supaya bisa berdiskusi untuk mengatasi maslah wilayah geografis Nias Timur yang berada di dua kabupaten Nias yang berbeda.



Masalah jadi rumit kalau nanti masing2 wilauah mengkalim bahwa si A atau B yang berhak memakai nama Nias timur. Apa lagi jika dihubungkan dengan anggaran yang disediakan oleh Kabupaten pemekaran untuk kabupaten baru nantinya. Bisa berabe! sama saja terlantar bagaikan IRAONO SIDARUA SOLAYA, faoma faturu. oleh sebab itu kita jangan dulu negatif menanggapi sikap masyarakat wilayah kami. Buang jauh2 pikiran negatif, kita tidak sedikitpun berniat menghalangi

NIAS TIMUR TERUS JAYA !
3. Tue, 13 October 2009 14:40:05 Yubi Surabaya laseyubi@yahoo.com 202.137.7.228
Apa sih yang dipermasalahkan???? Sepertinya ini hanya untuk mengundang konflik antar kecamatan dan kabupaten saja. Walaupun Nias sudah dibagi dalam beberapa Kabupaten, tolong dong masyarakat Nias harus berpatisipasi dalam membangun Nias tercinta, bukannya malah salaing menuding atau apapun juga...

Jabatan juga jangan terlalu dipermasalahkan, percuma banyak yang menjadi pimpinan tapi yang dipimpin malah TIDAK ADA.....

NIAS BARAT, NIAS TIMUR, NIAS UTARA, NIAS SELATAN.......Majulah saudara-saudaraQ, buang rasa egois yang sudah ada, dan percayalah bahwa semua indah pada waktunya....... GB Us
4. Tue, 13 October 2009 15:33:43 Asaaro Zai Kisaran / Medan asaaro_zai@yahoo.com 110.137.25.157
Kalau diawal saja sudah ribut gimana klo sudah terwujud kelak. Bisa terulang pembentukan Kabupaten lain yang awal2nya ribut melulu.

To: Bpk Ivolala Ndruru, SH
Pembelaan bpk bahwa Gomo dan Lahusa tidak pernah mengklaim istilah Nias Timur hanya digunakan oleh 2 kecamatan tersebut perlu diragukan. Klo memang gomo tidak punya niat dimaksud mungkin saja dalam pemberian nama organisasi HMGNT tidak menyisipkan kata Gomo. Menurut hemat kami, pemakaian Nias Timur tidak bisa hanya diklaim oleh satu daerah saja. Bukankah lebih baik kalau kita bersama-sama berjuang tanpa harus menonjolkan daerah Bpk saja. Saohagolo.
5. Tue, 13 October 2009 15:41:36 Onomatua Koso Lima Harimbale Gido Gido@yahoo.com 125.162.30.10
Yaahowu fefu ira talifusogu....!
Siapakah yang ingin memekarkan daerahnya ...? Apakah MAsyarakat Gomo, Lahusa ingin mau memekarkan daerahnya lagi dari Nias Selatan ya ...ya boleh-bole aja. Silahkan saja, Tapi jgn anda menyalahkan daerah lain kalau mereka tidak ingin memekarkan daerahnya ...

Kec. Gido dan IdonoGawo itu tidak perlu lagi memekarkan dirinya karna Kabupaten Nias saat ini adalah Wilayah Kec. Gido Dulu dan Kec. Idano Gawo.

Untuk Masyarakat Gido dan IdanoGawo tinggal menungu dimana ditempatkan Ibokota Kab. Nias, apa di Daerah Kec. Gido atau di Daerah Kec. Idano Gawo.
tentu dengan nanti disyahkan Ibukota Baru Kab Nias, tentu dampaknya sangat besar bagi kedua kec tersebut diatas terutama di bidang Ekonomi.
Mari kita bersama-sama mempersiapkan diri menyambut perubahan ini.

Buat saudara2 kami yang dari Lahusa dan Gomo silahkan berjuang jika anda merasa di Anak Tirikan dari Kabupaten Nias Selatan, jgn dibawa2 ke daerah yang saat ini menantikan suatu kemajuan kedepan ....
he..he..he.
6. Wed, 14 October 2009 13:59:21 HOWU-HOWU NDRURU BANDAR LAMPUNG hwhw_@bdlmpg@yahoo.co.id 125.160.246.51
yaahowu onomatua kosolima.Toimo mano noatau niha, hewaae nafaatau ira chou boro melarongorongo wa 05 niha safaito. tafi faduhu dodogu watenga safaito ndraugo, tewonai satua nihakeriso lo?
Nasindruhu nomiusahako nias induk tola minega enao tobali nias timur baga dao. afu nama nisas berikutnya jadi nama propinsi. Bukankah aneh jika ada propinsi NIAS tapi ada juga kabupaten Nias. Jadi bingungkan? saya juga bingung! maka enaknya harus ada kejelasan nias induk sekarang masih namanya nias atau apa?

gomo ba lahusa omasi pemekaran dari Nias Timur bukan karena dianaktirikan tapi karena ingin lebih baik punya gubug dan makan nasi dengan garam yang penting senyum tetap berkembang. Begitu nyanyian NIADANIATI thn delapan puluhan. Daripada makan pake niowuru tapi sambil bertengkar, bawa parang, toho, baluse saling mogarogoi afu yaira zanondra uracha sebua. Tatu loami. Hewa nasimano wamigiu yaaga tafi no jadi bupati pertama zamake sifatu gomo ba nias selatan. Sejarah membuktikan itu.
Andro waata'u-ta'u ia da'e niha sangoaya sifatu gomo. Notobali bupati pertama ba nisel. Matotona goi bazisofona tenga ha bupati pertama ba nisel tafi gubernur pertama di propunsi nias kelak. acha tasfuli sumange ndra satuada moroi bagomo. BOI HULO HARITA AMI OLIFU AMI KACANG, MENDRUAMANO NAHULO KACANG AMI OLIFU A,MI HARITA., ehSALAH JANGAN SEPERTI KACANG LUPA PADA KULITNYA
7. Wed, 14 October 2009 15:54:43 M. Gea, S.Pt Bogor gea_ipb@yahoo.com 114.4.12.251
Boi mifaudu2 le,aila ita..
8. Wed, 14 October 2009 16:14:19 Same era-era Batam YG.noitolo@gmail.com 222.124.9.194
Mekar.......mekar.......mekar.............................!!!!!!!!!!!!!!!
9. Wed, 14 October 2009 16:19:37 Dalifaudu Telaumbanua / Alif Medan yr642@yahoo.com 60.253.98.50
Buat saudara-saudara ku yang mendeklarasikan berdirinya Nias Timur kami dari Gerakan Muda Rakyat Kepulauan Nias (GEMAREPNIS) menyuarakan ucapan selamat atas telah terjadinya deklarasi ini. saya selaku Sekjend Gemarepnis Dalifaudu Telaumbanua / Alif sangat mendukung proses pemekaran ini jika dan hanya jika tujuanya adalah mempercepat porses pembangunan daerah dan peningkatan taraf perekonomian Rakya di kepulauan Nias. tetapi jika tujuan pemekaran ini hanya karena ada rasa yang tidak di enakan dari pemimpin daerah kepada para pendeklarasi atau hanya mencari nama supaya di kenal orang lebih baik janganlah karna itu hanya memperhatikan kempetingan sekelompok manusia yang mencoba mempermainkan kehidupan masyarakat yang ada di daerah pemekaran itu tanpa memperhatikan apa sebenarnya tujuan utama pemekaran ini. kalau tidak salah yang mendeklarasikan ini pak Herman laia ?

Buat yang mendeklarasikan berdirinya Kabupaten Nias Timur kami mohon dengan sangat jika ini merupakan tujuan bersama maka kami sarankan semua tokoh masyarakat dan pemuda yang ada dilingkungan daerah pemekaran beritakanlah kepada mereka dan rembungkan bersama dengan cara itu apa yang menjadi tujuan dengan mudah kita capai tanpa ada pertentangan. ingat para pendeklarasi jangan sepele dengan tokoh masyarakat yang ada di Kec.Bawolato dan Idanogawo mereka termasuk penentu jadi atau tidaknya pembetukan kabupaten Nias Timur karena mereka ada dalam sistem rencana anda terkecuali jika mereka tidak termasuk didalamnya itu terserah anda.

selaku putra asal Kecamatan Bawolato sangat mengharapkan hal seperti itu rembungkan bersama dengan mereka biar apa yang menjadi tujuan akan mudah tercapai. kebersamaan itu yang terpenting.
10. Thu, 15 October 2009 22:13:29 Haruti Padang rellyfarma@yahoo.com 125.162.82.42
mmmmaaaaaaaaajjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu teruuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuussssssssssssss...........................!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
11. Fri, 16 October 2009 12:11:19 Aris Giawa Medan Umbunasi Aryanus81@yahoo.co.id 125.165.43.246
sebaikanya kita bersyukur kepada orang yang berbuat atau yang merencanakan hal pemekaran ini karena mereka mencoba untuk melakukan perubahan di daerah kita jangan terlalu sensitif menilai mereka,blm tentu para pengeritik2 yang terhormat dapat melkukan hal ini........;
12. Fri, 16 October 2009 12:13:12 ferinus zai jakarta feris_zai@yahoo.com 118.96.103.125
Himbauan : alangkah lebih baiknya apabila hasil yang di capai adalah perwujudan dari semua ide ide positif yang rampung dan bersifat pro dan constructif,,sebab kami ( Putra nias di perantauan kurang update dgn Info2 atau isu yg berkembang ) karena bagaimanapun juga ini ada sangkut pautnya dengan nias timur kedepan ....semoga.
13. Fri, 16 October 2009 16:16:47 Delima Waruwu Laowo/Hilimbaruzo delywr@yahoo.com 125.161.248.15
Jadilah pemikir dan SDM nias yang profesionl, nama bukan lah masalah utama. saya kira perubahan nama dari nias induk ke nias Timur bukan pokok masalah yang harus didebatkan. yang terpenting adalah bagai mana kita bisa bekerja sama membangun diri sendiri, membangun nias yang sejahtra, memiliki pemikir yang andal, hidup sehat dan birokrasi yang membantu kelancaran roda perekonomian masyarakat. Kita berpikr untuk generasi penerus nias yang mana tidak mengecap pendidkan berkualitas. mari para sobat jadikan nias sebagai kota pendidikan. tanpa kerjasama antara kita semua hal itu tak pernah terwujud.
14. Sat, 17 October 2009 11:19:21 Agus medan city agbsmanbul@yahoo.com 125.162.50.236
lANJUTKAN KATA PRESIDEN KITA
15. Mon, 19 October 2009 15:12:31 FAIGIZIDUHU NDRURU,SE Bekasi humas_hmgnt@yahoo.co.id 202.43.183.195
Himpunan Masyarakat Gomo Nias Timur (HMGNT) menyambut dengan antusias semua respon dari saudara atas diskusi yang membangun satu sama lain melalui media ini. Berkomunikasi dan berani mengemukakan pendapat adalah hal penting menuju pengembangan wawasan tentang berbagai hal. Dan hal ini yang ingin kita capai dari putra putri wilayah Timur Nias.

Perbedaan isi pesan dan gagasan pada dasarnya tetap positif. Karena dengan demikian kita telah bangun satu bangunan yang kaya unsur pemikiran dari berbagai aspek. Mengutip pribahasa Nias " afu aro nomo moguna fefu geu hesadolo ba hegoi sabila" sadolo labe ehomo ba sabila labe ndriwa afu fefu faoma latundrehini nawora. Nailau ndruru dano simane ba padang idae aro lomudogo.

Kata GOMO dalam Himpunan Masyarakat Gomo Nias Timur yang dideklarasikan tanggal 9 Agustus 2009 bukanlah menunjukkan bahwa GOMO lebih istimewa. Tapi pada beberapa waktu yang lalu masyarakat GOMO telah memulai satu perkumpulan dan sekaligus timbul ide untuk memakai Nias Timur sebagai penjelasan arah kawasan. Setelah itu kita berharap agar teman-teman dari berbagai kecamatan yang ada di wilayah Timur Nias mau menambahkan kata keterangan Nias Timur untuk menandakan bahwa kita berada di wilayah timur Nias. Jadi bisa saja ada perkumpulan masyarakat kita dari BAWALATO Nias Timur, Perkumpulan Masyarakat LAHUSA Nias Timur, atau perkumpulan masyarakat IDAOGAWO Nias Timur dst.

Dengan demikian Nias Timur bukanlah hanya milik GOMO dan LAHUSA tapi siapapun yang merasa ada di wilayah tano bagatumbucha luo dano niha. Perlu dipersiapkan dari sekarang jika nanti Nias Timur terwud dan langkah menuju PROPINSI NIAS maka kawasan Timur Nias dapat kesempatan untuk jadi alternatif tempat ibu kota propinsi. Untuk menuju kesana kita dikawasan ini harus mempersiapkan diri dalam bebagai hal. Sehingga tidak terbantahkan bahwa yang jadi ibu kota propinsi kelak tepat dan layak dikawasan ini.

Pertanyaan berikut adalah: Apakah pantas untuk jadi kota propinsi jika jadi kabupaten saja tidak sanggup? Tentu hal ini kita berani jawab bisa! karena waktunya bukan sekarang dan masih cukup waktu untuk mempersiapkannya. Mari kita ukir mimpi-mimpi kita pada masa yang akan datang agar kita semua berpikir untuk mewujudkannya. SALAM NIAS TIMUR UNTUK SELURUH YANG ADA DIWILAYAH TIMUR NIAS!
16. Fri, 23 October 2009 11:57:15 Potlawman medan potlawman@yahoo.com.id 110.137.26.198
MMMMMMMMMMMMMMAAAAAAAAAAAAAAAAAJJJJJJJJJJJJJJUUUUUUUUUUUUUUUU
TTTTTTTTTTTEEEEEEEEEEEEEERRRRRRRRRRUUUUUUUUUUUUSSSSSSSSSS

Kami dukung saudara kalau demi kemajuan Nias.
17. Fri, 23 October 2009 18:00:42 RINDU HATIKU RINDU@YAHOO.COM 115.88.87.241
TAREK TERUS SAMPAI BERAT SEBELAH TIMUR ......................
lanjutkan ......................maju truuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu
NIASKU......................................................
18. Fri, 23 October 2009 22:36:58 Faonasokhi Telaumbanua Bekasi faonas_ok@yahoo.com 114.58.102.120
Da ta'osambu-sambua'o gera-era da wamulua ya'ia......dan mari kita bertindak untuk kepentingan masyarakat Nias bukan untuk kepentingan Pribadi/golongan, Ya'ahowu!
19. Fri, 30 October 2009 15:39:19 Rohzaman Hia Siofa'ewali bawolato.Jkt roh.zaman@yahoo.com 114.59.183.3
Alai na khoda aekhu gamedola zatua Hulo mburu'u koko...bamboro humongo hongo ba gamozua doho mano....segala perjuangan tetap ada pengorbanaan ... adakah org id.gawo.bawolatao.gido yg mau berkorban untuk pemekaran nias timur ??? da ta osambua'o ita ba pemekaran boi so zondoni furi....aila aila ita.... lawao bakhoda hezo ofona tumbu luo ??? lawao baga tumbukha... kok ae khula zi ofona pemekaran ??? da takoreksi ita he pembda Id.gawo Gido bawolato dll...yaita putra daerah da ta dukung bersama na memang omasi ita naik kelas...

First|Previous    Next|Last

Number of records = 19
Response:
Your Name:
City or Home Address:
Email:

Responlah dengan sopan, tidak kasar, tidak merusak nama baik pihak lain, bukan fitnah, atau tidak bersifat ancaman maupun caci-maki.

Hindari menanggapi topik / respon yang tidak layak atau tidak pantas sehingga tujuan si pembuat topik / respon tidak tercapai.

Hindari menggunakan nama samaran yang mengacu pada nama atau identitas orang lain.

2000-2008 NiasIsland.Com. All rights reserved.

The first version was launched on 9 Sept 2000