NiasIsland.Com Logo

www.NiasIsland.Com
Providing you with some information about Nias Island

  Angombakhata (Announce | Ad)
 

Sat, 29 April 2017 20:20:06 | Ono NIha (NN) | Sukoharjo | 202.152.158.227
OKNUM ONO NIHA BERNAMA YASON NDRURU SEDANG SAKIT KERAS (MATE DAMBAI)
Diberitahukan kepada sanak saudara/i, keluarga besar Yason Nduru dan atau kepada marga Nduru dan terlebih kepada ono niha di seluruh Indonesia.....pada tanggal ...

   

RUMAH DI JUAL SEGERA

   

Pesan Fiforlif di Nias sampai seluruh Indonesia

   

NIAS ECONOMIC FORUM / FORUM EKONOMI ONO NIHA

   

NEF (Nias Economic Forum)

   

GITA RENTAL

   

Pelantikan Ketua Umum Ikasa (Ikatan Keluarga Alasa-Alasa Talumuzoi-Alasa Tugala Oyo-Alasa Namohalu E

   

Pelantikan DPD dan DPC HIMNI Jawa Tengah

   

Jual Jam Tangan KW Super

   

Semi Final dan Final Badminton Open Tournament PKLN Cup 2015

   

Peluang Usaha

   

Final Volley Ball dan Tenis Meja Open Turnamen PKLN Cup 2015

  Index   Add

  Last Commented
 
 

Sat, 18 November 2017 10:55:03 | Mohammad | Bali | 197.211.57.123
DPRD: Rencana Konversi Karet di Nias Dipertanyakan30 Responses

 

Wed, 15 November 2017 03:59:46 | jane | 44 palm street | 197.210.227.49
Suster Klara dan Rumah Inap Kasihnya32 Responses

 

Wed, 08 November 2017 22:19:40 | Angeraigo Laia | Kac,Bawolato | 114.125.37.92
Ferry Jet Jumbo Layani Pelayaran Sibolga-Nias 3 Jam1 Responses

 

Sat, 28 October 2017 13:25:32 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias selatan | 114.125.53.210
Editor Media Online Dipanggil Penyidik Poldasu7 Responses

 

Sat, 28 October 2017 11:31:35 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias Selatan | 114.125.53.148
Pemerintah Bidik Nias Destinasi Andalan Dongkrak Kunjungan Wisman2 Responses

 

Sun, 15 October 2017 14:41:09 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias Selatan. | 114.124.237.152
Kenapa Nias Tak Disukai Orang?6 Responses

 

Sun, 01 October 2017 19:29:32 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.ulunoyo nias selatan | 114.124.166.62
Tersangka Kasus Korupsi Nias Water Park Segera Disidang2 Responses

 

Fri, 09 October 2009 16:07:01 | ALITALIA SARUMAHA (IP = 118.96.195.22) | BANDUNG
KERUSAKAN KEUSKUPAN PADANG AKIBAT GEMPA
Jakarta (NiasIsland.Com)

Evaluasi Keuskupan Padang tentang Akibat Gempa

Padang, 3 Oktober 2009

Car. Mgr. dan Saudara/i terkasih,

Terima kasih atas perhatian dan dukungan dalam aneka bentuk dan cara kepada
korban gempa tgl. 30 September 2009.

Tgl. 2 Oktober 2009 jam 22.00 saya masuk kota dari bandara, terlambat 4,5 jam dari Medan dan langsung keliling sebelum kerumah untuk mendapat sedikit gambaran keadaan. Padang praktis gelap gulita, kecuali dirumah atau gedung dimana ada genset.
Sesudah melihat dari amat dekat dan berulang-ulang beberapa tempat, dapat saya sampaikan sbb. :

1. Ada solidaritas dalam keprihatinan akibat gempa ini, yang menelan korban manusia dan materi yang amat besar. Setiap kali melihat reruntuhan, yang lama dan yang baru, selalu terasa menyesakkan. Banyak dan besar kerusakan. Di banyak tempat nampak alat berat untuk evakuasi korban dan orang perorangan mengurus reruntuhan rumahnya sambil menyelamatkan miliknya.

Banyak posko, tidak sedikit dapur umum tetapi tidak nampak ada "kemelaratan" dan penderitaan, tidak banyak tenda-tenda darurat di Padang, Orang rupanya cepat diakomodasi dirumah keluarga atau kenalan.

Banyak posko dari berbagai kelompok, dari kota Padang sendiri dan dari Jakarta dan kota lain, bekerjasama dengan organisasi dan kelompok masyarakat setempat.

Dapur-dapur umum dan posko-posko nampaknya berkelimpahan bahan makanan dan minuman dasar.

2. Di lingkungan umat katolik ada data sementara pemakaman "masal" 20 jenazah dan kemudian 10 dan 10 pada tgl 2 dan 3 Oktober. Ada kesibukan luarbiasa, yang luka dan butuh perawatan dirawat di RS Yos Sudarso atau lainnya. Disana banyak pasien dari tempat lain karena operasi selama 2 hari dijalankan disana karena RS M Jamil, RS Pusat daerah lumpuh. Banyak bantuan medis, baik personil maupun peralatan dan obat-obatan. Dan masih akan datang.

3. Keuskupan bekerja secara organisatoris dan koordinatif melalui Karina/Caritas. Sudah ada rekan-rekan dari berbagai lembaga internasional dan nasional yang bergabung. Penilaian dan pemetaan sedang dikerjakan, mau fokus dibidang apa dan dimana dan bagaimana pembagian kerja diantaranya bersama dengan relawan yang terus datang, yang pasti adalah untuk karya dan pelayanan kemanusiaan lintas batas apapun. Koordinasi dengan Basarnas dan Satkorlak juga ada.

4. Kondisi beberapa fasilitas di lingkungan Gereja/Keuskupan :

4.1. Gereja Katedral: roboh dinding pengimaman dan runtuh bagian diatas altar, sehingga sekarang terbuka. Misa Minggu, 3-4 Oktober sudah harus dilaksanakan dihalaman samping, diruang terbuka. Sedang dinilai apakah masih dapat direhab atau secara konstruksi sudah tidak layak lagi.

4.2. Pastoran (dua lantai): rusak berat. Bagian belakang jatuh dan runtuh menimpa beberapa kendaraan. Bagian lain didepan dan sekretariat serta ruang-ruang bicara diragukan masih akan dapat dipugar.

4.3. Rumah Retret Puri Dharma (3 lantai): seluruh bagian belakang dari atas kebawah runtuh dan rebah, termasuk 2 genset 1 besar dan 1 kecil. Bagian lain sebenarnya baru dipugar sesudah gempa dua tahun lalu di khawatirkan tidak lagi layak pugar, apalagi layak pakai. Keuskupan: bagian depannya hancur, roboh, sehingga kamar seorang pastor di lantai 2 berantakan, dia harus mengungsi. Dua kamar di depan rusak dan bocor berat, penghuninya harus pindah. Ruang pertemuan dan kapel di ruang utama juga banyak retak dan plafonnya terbongkar parah. Pipa-pipa air patah, sehingga harus menimba air.
Banyak atap yang runtuh dan merusak bangunan tengah, ruangan uskup dan refter. dapur rusak, sehingga kami makan di gang. Kami masih bertahan dirumah ini, karena segan pindah.

4.4. Sekolah-sekolah yang hancur atau rusak total dan tidak dapat lagi digunakan:

4.4.1. Gedung SMA Don Bosko 4 lantai

4.4.2. TK Mariana

4.4.3. SD Theresia

4.4.4. SD Agnes

4.4.5. STBA Prayoga 3 lantai hancur total dan menjadi terkenal karena 16an orang terjebak di dalam dan sedikit yang di evakuasi tgl 3 oktober malam..


4.5. Sekolah-sekolah yang rusak amat parah, sehingga kemungkinan harus dibongkar sama sekali adalah :

4.5.1. SMP Maria

4.5.2. SMP Frater

4.5.3. Bangunan/Gedung tua/Induk SMA Don Bosko


4.6. Sudah jelas akan tidak mudah menampung kegiatan belajar mengajar untuk semua siswa di semua tingkat dalam ruangan yang makin terbatas, pagi- sore, dan perubahan tempat dan jadual. Suatu pekerjaan besar dan rumit. Terasa kebutuhan untuk menmbah ruangan belajar diluar ruang-ruang yang ada sekarang dengan tenda atau lodge darurat.


5. Wisma Sukma Indah (gereja lama) dua lantai, yang digunakan untuk berbagai kelompok kategorial dan pertemuan-pertemuan baik local, maupun nasional dikalangan gereja, rusak berat, fasadenya praktis hancur dan sebagian dinding. Masih berdiri tetapi tidak akan dapat digunakan lagi.

6. Kapel dan biara Sr. SCMM rusak amat sangat berat. Patahan alur gempa amat dekat dengan komplek ini juga. Asrama puteri, RB dan BP dikomplek ini juga sudah mengkhawatirkan, kecuali rumah kayu Woloan yang nampak masih kokoh.

7. RS Yos Sudarso: bagian depan, lantai 2 dan 3 rusak amat berat dan tidak dapat digunakan, lantai dasar dipakai karena terpaksa. Seluruh bagian lama RS ini, klinik, labor, ruangan-ruangan inap segala kelas, praktis ditinggalkan dan dialihkan ketembok-tembok dan gang-gang rumah sakit, ke kamar makan dan tenda-tenda. Yang masih agak kokoh adalah kamar operasi dan Paviliun Edelweis, khusus untuk maternitas. Bertahan juga biara suster dan Rumah untuk orang tua di kompleks itu.
Asrama perawat 3 lantai yang berada di belakang RS juga praktis habis.

8. Keuskupan: lantai dua bagian depan ambruk dan merongrong pendopo dan kamar di bawahnya , dua kamar dilantai dua dan satu jadi amat terpengaruh. Bagian belakang secara simetris terjadi yang sama, hanya belum runtuh. Kamar-kamar kebanyakan tidak dapat dipakai karena bocor, atap luruh. Dinding-dinding banyak retak dan terkelupas. Dengan sedikit rasa aman kami masih menghuninya, tetapi pindah-pindah kamar.

9. Amat dibutuhkan penilaian berdasarkan ilmu dan pengalaman tentang keadaan gedung-gedung, apa dan sejauh mana layak huni, layak rehabilitasi/ renovasi atau sama sekali harus dimasukkan daftar tak terpakai secara menyeluruh dan menetap untuk selamanya.

Demikian sepintas. Untuk emergency tetap diperlukan bantuan, tetapi kami sudah langsung menatap kedepan dengan beban-beban yang agak lumayan.


Salam dan hormat !


Martinus D. Situmorang, OFM Cap

Uskup Padang


NB: Bila Bapak/Ibu tergugah hati nuraninya dan ingin menyampaikan/menyalurkan bantuannya, dapat dikirimkan ke: an. Martinus D. Situmorang, Bank NISP rek. no. 340-130-25252-0.

Response:
Your Name:
City or Home Address:
Email:

Responlah dengan sopan, tidak kasar, tidak merusak nama baik pihak lain, bukan fitnah, atau tidak bersifat ancaman maupun caci-maki.

Hindari menanggapi topik / respon yang tidak layak atau tidak pantas sehingga tujuan si pembuat topik / respon tidak tercapai.

Hindari menggunakan nama samaran yang mengacu pada nama atau identitas orang lain.

2000-2008 NiasIsland.Com. All rights reserved.

The first version was launched on 9 Sept 2000