NiasIsland.Com Logo

www.NiasIsland.Com
Providing you with some information about Nias Island

  Angombakhata (Announce | Ad)
 

Sat, 29 April 2017 20:20:06 | Ono NIha (NN) | Sukoharjo | 202.152.158.227
OKNUM ONO NIHA BERNAMA YASON NDRURU SEDANG SAKIT KERAS (MATE DAMBAI)
Diberitahukan kepada sanak saudara/i, keluarga besar Yason Nduru dan atau kepada marga Nduru dan terlebih kepada ono niha di seluruh Indonesia.....pada tanggal ...

  • 

RUMAH DI JUAL SEGERA

  • 

Pesan Fiforlif di Nias sampai seluruh Indonesia

  • 

NIAS ECONOMIC FORUM / FORUM EKONOMI ONO NIHA

  • 

NEF (Nias Economic Forum)

  • 

GITA RENTAL

  • 

Pelantikan Ketua Umum Ikasa (Ikatan Keluarga Alasa-Alasa Talumuzoi-Alasa Tugala Oyo-Alasa Namohalu E

  • 

Pelantikan DPD dan DPC HIMNI Jawa Tengah

  • 

Jual Jam Tangan KW Super

  • 

Semi Final dan Final Badminton Open Tournament PKLN Cup 2015

  • 

Peluang Usaha

  • 

Final Volley Ball dan Tenis Meja Open Turnamen PKLN Cup 2015

  Index   Add

  Last Commented
 
 

Sat, 18 November 2017 10:55:03 | Mohammad | Bali | 197.211.57.123
DPRD: Rencana Konversi Karet di Nias Dipertanyakan30 Responses

 

Wed, 15 November 2017 03:59:46 | jane | 44 palm street | 197.210.227.49
Suster Klara dan Rumah Inap Kasihnya32 Responses

 

Wed, 08 November 2017 22:19:40 | Angeraigo Laia | Kac,Bawolato | 114.125.37.92
Ferry Jet Jumbo Layani Pelayaran Sibolga-Nias 3 Jam1 Responses

 

Sat, 28 October 2017 13:25:32 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias selatan | 114.125.53.210
Editor Media Online Dipanggil Penyidik Poldasu7 Responses

 

Sat, 28 October 2017 11:31:35 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias Selatan | 114.125.53.148
Pemerintah Bidik Nias Destinasi Andalan Dongkrak Kunjungan Wisman2 Responses

 

Sun, 15 October 2017 14:41:09 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias Selatan. | 114.124.237.152
Kenapa Nias Tak Disukai Orang?6 Responses

 

Sun, 01 October 2017 19:29:32 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.ulunoyo nias selatan | 114.124.166.62
Tersangka Kasus Korupsi Nias Water Park Segera Disidang2 Responses

 

Fri, 12 December 2008 11:29:09 | GERAKAN MAHASISWA PEDULI NIAS (IP = 125.162.53.213) | MEDAN
PENGENALAN GMPN Apa itu GMPN ....???
Jakarta (NiasIsland.Com)

PENGENALAN GMPN
Apa itu GMPN ....???
GMPN adalah singkatan dari Gerakan Mahasiswa Peduli Nias (GMPN) berdiri pada tanggal 12 Juni 2004 di kota Medan . Pendirian organisasi ini diprakarsai oleh sekumpulan mahasiswa/I dari berbagai Perguruan Tinggi di kota Medan yang berasal dari suku Nias dan Batak yang memiliki beban dan kerinduan yang sama untuk kemajuan Nias. Gerakan ini dimulai ketika sekumpulan mahasiswa/I tersebut mendengar, melihat, dan menyimak keadaan di Pulau Nias baik pendidikan, kesehatan dan beberapa bidang kehidupan lainnya yang perlu diperhatikan. Selanjutnya duduk bersama, membahas, mencari solusi dan mengambil tindakan atas beban itu sebagai bentuk kepedulian yang tinggi terhadap Pulau Nias.
Hingga sekarang ini Gerakan Mahasiswa Peduli Nias (GMPN) sudah menapak usianya yang ke empat. Dan setiap tahunnya secara rutin, GMPN melaksanakan program kegiatannya di Kabupaten Nias dan Nias Selatan. Adapun kegiatan GMPN untuk sekarang ini lebih diprioritaskan pada bidang pendidikan dan kesehatan. Bukan tanpa alasan, kita ketahui bersama bahwa pendidikan merupakan pencerminan diri suatu bangsa terhadap pencapaian entitas bangsa yang menjadi impian segenap lapisan masyarakat. Tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan adalah pilar utama yang menjadi penyangga bertahannya suatu bangsa dan negara. Karena itu GMPN mengambil bagian untuk mengemban tanggung jawab ini dengan mempersiapkan generasi Nias baik secara intelektual, mentalitas maupun spiritualitas, termasuk moral dan karakter. Selain itu, bidang kesehatan juga memegang peranan sangat penting bagi sebuah kemajuan dan perubahan. Masyarakat yang sehat dan lingkungan yang bersih akan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih optimal dalam memaksimalkan potensi yang ada dalam dirinya seperti istilah “ Dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat”.

VISI
Melahirkan dan Mempersiapkan Generasi Nias Sebagai Aset Masa Depan Untuk Mewujudkan Nias Berubah.
GMPN sebagai generasi muda penerus bangsa menyadari bahwa Nias membutuhkan tangan-tangan terampil dari generasi cerdas, bertanggung jawab, jujur, tidak gampang menyerah, berjuang keras, berinisiatif tinggi, bermoral dan berbudi pekerti luhur untuk mengelola dan memaksimalkan semua kekayaan yang Tuhan karuniakan di Pulau Nias. Generasi ini adalah pelajar, mahasiswa dan pemuda yang merupakan aset terpenting untuk melakukan perubahan yang positif demi masa depan yang cerah.

TUJUAN
Adapun tujuan diadakannya kegiatan ini adalah :
1. Sesuai dengan tujuan bangsa dan negara yang terdapat dalam Pancasila dan Pembukaan UUD 1945 alinea keempat yang salah satu isinya berbunyi “Mencerdaskan kehidupan bangsa”.
2. Mempersiapkan pelajar-pelajar SMP/SMA/SMK dalam menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Nasional (UN), dan ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMB/SNMPTN) bagi kelas XII SMA/SMK.
3. Memberi pemahaman kepada mahasiswa dan pelajar Nias sebagai generasi penerus, agen perubahan dan kontrol sosial yang menentukan masa depan Nias, bangsa dan negara ini.
4. Menanamkan kepedulian di kalangan mahasiswa dan pelajar akan pentingnya menjaga lingkungan bersih dan sehat.
5. Mengajak masyarakat Pulau Nias untuk menghargai karunia Tuhan dan mendekatkan dirinya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

KEGIATAN YANG SUDAH DILAKSANAKAN
Sejak tahun 2004, GMPN sudah melakukan berbagai kegiatan pengabdian baik di kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat Pulau Nias. Adapun kegiatan yang sudah pernah dilaksanakan GMPN adalah :
1. Pendidikan
a. Dialog interaktif dan Tryout Ujian Nasional yang diikuti oleh 45 sekolah (± 6000 orang) khusus untuk kelas IX tingkat SMP dan kelas XII tingkat SMA/SMK yang tersebar di berbagai kecamatan di Kab. Nias dan Nias Selatan
b. Lomba Cerdas Tangkas antar SMA se-kota Gunungsitoli dan kecamatan sekitarnya. Dan sampai sekarang ini ada 9 sekolah yang menjadi peserta tetap kegiatan lomba ini.
c. Bimbingan belajar dan pemondokan intensive
Sejak tahun 2005, GMPN menyediakan pemondokan (asrama) putra/I bagi siswa/i Nias dan Nias Selatan yang hendak mengikuti bimbingan belajar dan ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di kota Medan. GMPN menyediakan bimbingan belajar yang diasuh oleh tim pendidikan GMPN dan sampai sekarang ini GMPN berhasil meluluskan ± 82 orang siswa ke berbagai PTN baik di Sumatera maupun di Jawa.
2. Kesehatan
a. Pengobatan medis
Kegiatan ini dipusatkan di kecamatan-kecamatan pedalaman di Pulau Nias. Dari hasil pengamatan GMPN adapun penyakit yang sering mewabah yaitu ISPA, diare, dan malaria.
b. Kebersihan kota dan penanaman pohon (penghijauan)
Kegiatan ini merupakan program baru GMPN di tahun 2008 yang dilaksanakan di kota Gunungsitoli tepatnya di TPI (Pasar Luaha).
Kegiatan ini melibatkan sejumlah 750 orang dari berbagai kalangan mulai dari Pemerintah Daerah Nias, pelajar, pemuda dan masyarakat setempat.
Tujuan dari kegiatan ini sebagai salah satu bentuk kepedulian GMPN terhadap masyarakat Nias sekaligus menanamkan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya pola hidup lingkungan sehat, serta tidak membuang sampah sembarangan terutama di laut karena akan merusak komunitas laut dan panoramanya.
3. Sosial dan kemanusiaan
a. Pengadaan bantuan kemanusiaan terhadap korban bencana alam
Kegiatan ini dilaksanakan pada saat terjadinya tsunami di Nias tanggal 26 Desember 2004 dan gempa bumi 8,7 SR tanggal 28 Maret 2005. GMPN terpanggil untuk turut mengambil bagian menolong masyarakat yang saat itu mengalami duka yang mendalam
b. Relawan
Selain pengadaan bantuan diatas, GMPN juga turut membantu mengevakuasi korban bencana dan masyarakat lainnya ke daerah pengungsian. Bahkan turut juga membersihkan puing-puing bangunan yang runtuh akibat bencana

PROGRAM KEGIATAN YANG AKAN DILAKSANAKAN
Saat ini GMPN sedang mempersiapkan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Januari – 07 Pebruari 2009 nanti.
Adapun program kegiatan yang akan dilaksanakan GMPN di beberapa kecamatan di Pulau Nias yaitu :
1. Dialog Interaktif kepada siswa/i tingkat SMP/SMA/SMK dengan topik sosialisasi Ujian Nasional (UN) serta persiapan menghadapi UN, motivasi belajar, pengenalan dan pelatihan penggunaan Lembar Jawaban Komputer (LJK), pengenalan Perguruan Tinggi Negeri, bedah fakultas dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB/UMB/SNMPTN).
2. Try Out Ujian Akhir Semester (UAS) dan Ujian Nasional (UN) bekerjasama dengan salah satu Bimbingan Studi di kota Medan. Tujuannya agar siswa/i dapat terlatih dan terbiasa dalam membahas soal-soal UN terutama juga dalam penggunaan LJK.
3. Lomba Cerdas Tangkas periode ke – III untuk memperebutkan piala bergilir antar siswa sekolah tingkat SMA se-kota Gunungsitoli dan sekitarnya.
4. Seminar pendidikan dengan topik bedah fakultas dan motivasi belajar, yang diikuti oleh siswa/i tingkat SMA . Kegiatan ini akan dilaksanakan di beberapa sekolah di Kecamatan Gunungsitoli dan sekitarnya.
5. Kegiatan kebersihan kota dan penghijauan (penanaman pohon) bersama dengan pelajar, mahasiswa dan masyarakat dengan tema “Save Nias Island From Garbage”.
6. Penyuluhan kesehatan dan pengobatan medis (bakti sosial) di desa-desa tertinggal di Pulau Nias (masih dalam tahap survei)
PENUTUP
Kerinduan terbesar GMPN adalah kesadaran bahwa sudah waktunya kita membuka mata dan melihat kekurangan di sekitar kita dan menjadikan kekurangan tersebut sebagai beban bersama. Hal yang harus dilakukan adalah mempersiapkan generasi baru yang memiliki kompetensi dan keahlian di bidangnya masing-masing serta memiliki moral dan karakter yang luhur untuk memimpin bangsa kearah yang lebih baik. Kami melihat hal ini sebagai tanggung jawab yang harus diemban dan kami juga mengajak Bapak/Ibu/Sdra/i untuk ikut berpartisipasi dalam mengemban tanggung jawab ini.
GMPN juga mempunyai kerinduan untuk dapat mengerjakan hal yang sama nantinya di daerah-daerah lain di luar Pulau Nias. Kegiatan di Nias ini adalah langkah kecil yang kita rindukan akan menjadi cikal bakal untuk memulai langkah besar menuju transformasi Indonesia. Mari bergabung bersama untuk mewujudkan “Nias dan Indonesia Menuju Perubahan”. Terima kasih.





























Lampiran 3
Dokumentasi Kegiatan GMPN

1. Pendidikan
a. Dialog Interaktif












b. Try Out












c. Lomba Cerdas Tangkas (LCT) tingkat SMA



















2. Kesehatan
a. Pengobatan kesehatan terhadap masyarakat












b. Kebersihan kota dan penghijauan























3. Kegiatan kemanusiaan berupa pemberian bantuan kemanusiaan sekaligus sebagai relawan di daerah bencana tsunami di Nias









4. Pemondokan (asrama) intensive siswa/I dari Nias yang mengikuti ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri
a. Bimbingan belajar di pemondokan yang diasuh oleh tim GMPN











b. Kegiatan di pemondokan selain belajar juga ada konseling kepribadian, olahraga, dan lain-lain











5. Event penyaluran bakat dan kreatifitas pelajar-pelajar





















Pengurus GMPN periode 2008-2010







SEKRETARIAT
Jln. Bahagia Gg Pelita No. 37 Pasar 1 Padang Bulan, Medan
Telp : 061 - 8219812
Email : GMPN_Niasyouth@yahoo.com
Nantikan website GMPN.....

First|Previous    Next|Last

Pick Date
No Resp-Time Resp-by Address Email IP
1. Wed, 17 December 2008 19:45:31 krist simalingkar city mendrofr@yahoo.co.id 125.162.44.144
Ya'ahowu GMPN! kalau boleh tau, ada g syarat u bergabung di GMPN??

---------------Merry christmas 2008
&
Happy New Year 2009-----------------------

"maju terus u GMPN,
sukses disetiap program"

First|Previous    Next|Last

Number of records = 1
Response:
Your Name:
City or Home Address:
Email:

Responlah dengan sopan, tidak kasar, tidak merusak nama baik pihak lain, bukan fitnah, atau tidak bersifat ancaman maupun caci-maki.

Hindari menanggapi topik / respon yang tidak layak atau tidak pantas sehingga tujuan si pembuat topik / respon tidak tercapai.

Hindari menggunakan nama samaran yang mengacu pada nama atau identitas orang lain.

©2000-2008 NiasIsland.Com. All rights reserved.

The first version was launched on 9 Sept 2000