NiasIsland.Com Logo

www.NiasIsland.Com
Providing you with some information about Nias Island

  Angombakhata (Announce | Ad)
 

Sat, 29 April 2017 20:20:06 | Ono NIha (NN) | Sukoharjo | 202.152.158.227
OKNUM ONO NIHA BERNAMA YASON NDRURU SEDANG SAKIT KERAS (MATE DAMBAI)
Diberitahukan kepada sanak saudara/i, keluarga besar Yason Nduru dan atau kepada marga Nduru dan terlebih kepada ono niha di seluruh Indonesia.....pada tanggal ...

  • 

RUMAH DI JUAL SEGERA

  • 

Pesan Fiforlif di Nias sampai seluruh Indonesia

  • 

NIAS ECONOMIC FORUM / FORUM EKONOMI ONO NIHA

  • 

NEF (Nias Economic Forum)

  • 

GITA RENTAL

  • 

Pelantikan Ketua Umum Ikasa (Ikatan Keluarga Alasa-Alasa Talumuzoi-Alasa Tugala Oyo-Alasa Namohalu E

  • 

Pelantikan DPD dan DPC HIMNI Jawa Tengah

  • 

Jual Jam Tangan KW Super

  • 

Semi Final dan Final Badminton Open Tournament PKLN Cup 2015

  • 

Peluang Usaha

  • 

Final Volley Ball dan Tenis Meja Open Turnamen PKLN Cup 2015

  Index   Add

  Last Commented
 
 

Sat, 18 November 2017 10:55:03 | Mohammad | Bali | 197.211.57.123
DPRD: Rencana Konversi Karet di Nias Dipertanyakan30 Responses

 

Wed, 15 November 2017 03:59:46 | jane | 44 palm street | 197.210.227.49
Suster Klara dan Rumah Inap Kasihnya32 Responses

 

Wed, 08 November 2017 22:19:40 | Angeraigo Laia | Kac,Bawolato | 114.125.37.92
Ferry Jet Jumbo Layani Pelayaran Sibolga-Nias 3 Jam1 Responses

 

Sat, 28 October 2017 13:25:32 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias selatan | 114.125.53.210
Editor Media Online Dipanggil Penyidik Poldasu7 Responses

 

Sat, 28 October 2017 11:31:35 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias Selatan | 114.125.53.148
Pemerintah Bidik Nias Destinasi Andalan Dongkrak Kunjungan Wisman2 Responses

 

Sun, 15 October 2017 14:41:09 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias Selatan. | 114.124.237.152
Kenapa Nias Tak Disukai Orang?6 Responses

 

Sun, 01 October 2017 19:29:32 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.ulunoyo nias selatan | 114.124.166.62
Tersangka Kasus Korupsi Nias Water Park Segera Disidang2 Responses

 

Mon, 04 February 2008 23:38:44 | Joni (IP = 61.8.64.241) | Gunungsitoli
2 orang anak hilang di Gunungsitoli
Jakarta (NiasIsland.Com)

Kronologis Kasus
2 Orang Anak Hilang di Gunungsitoli

Pada tanggal 26 Januari 2008 sekira pukul 12.30 diterima laporan “Anak Hilang” yang diterima oleh staf CC Gunungsitoli Pusaka Indonesia – UNICEF, sbb :

I. Nama lengkap : EKAHEL SYUKURMAN SALEH ZEBUA
Nama panggilan : Bobby
Umur : 14 Tahun
Tempat lahir : Tumori Gunungsitoli
Tanggal lahir : 30 Desember 1993
Jenis kelamin : Laki-laki
Anak ke : 3 dari 4 bersaudara
Ciri-ciri : Rambut lurus, bibir tebal, mata sipit, kulit putih, tinggi ± 100 cm
Agama : Kristen Protestan
Pendidikan : Kelas 1 SMPN 5 Gunungsitoli Kelas 1-7C
Pekerjaan : Pelajar
Suku : Nias
Kebangsaan : Indonesia
Alamat : Desa Tumori Ds. I Kec. Gunungsitoli Kab. Nias

Nama Ayah : BEZISOKHI ZEBUA Als AMA JUNIMAN
Nama Ibu : ADILINA ZEBUA Als INA JUNIMAN
Alamat : Desa Tumori Ds. I Kec. Gunungsitoli Kab. Nias

II. Nama lengkap : MEKARAMAN ZEBUA ALS MEKA
Nama panggilan : MEKA
Umur : 14 Tahun
Tempat lahir : Tumori Gunungsitoli
Tanggal lahir : 2 April 1993
Jenis kelamin : Laki-laki
Anak ke : 2 dari 7 bersaudara
Ciri-ciri : Rambut lurus, kurus, tinggi ± 165 cm, terdapat tanda lahir warna coklat kehitam-hitam di bagian lengan dan tangan kiri
Agama : Kristen Protestan
Pendidikan : Kelas 1 SMPN 5 Gunungsitoli Kelas 1-7B
Pekerjaan : Pelajar
Suku : Nias
Kebangsaan : Indonesia
Alamat : Desa Tumor Ds. I Kec. Gunungsitoli Kab. Nias

Nama Ayah : NGAROROI ZEBUA Als AMA DESCE Als SIBAYA GATAMA
Nama Ibu : LIMISARI HAREFA Als INA DESCE
Alamat : Desa Tumori Ds. I Kec. Gunungsitoli Kab. Nias


B. Kronologis Kasus

Pada hari Senin tanggal 21 Januari 2008 sekira pukul 06.30 WIB EKAHEL SYUKURMAN SALEH ZEBUA Als Bobby berangkat dari rumah menuju sekolah yang berada di Jalan Pelita yang berjarak kurang lebih 5 Km dari rumah mereka dengan menggunakan sepeda berwarna hijau bantuan dari UNICEF. Biasanya Bobby pulang sekolah pukul 12.30 dan tiba di rumah pukul 13.00 WIB dan paling telat pukul 14.00 WIB, namun pada hari itu orangtua bertanya-tanya karena hingga pukul 14.30 WIB Bobby masih juga belum pulang ke rumah. Oleh karenanya pihak keluarga mulai melakukan pencaharian ke rumah-rumah keluarga, ke rumah teman-teman Bobby, dan di pasar namun pencarian tersebut tidak membuahkan hasil. Keesokan harinya sekira pukul 20.00 WIB seorang bapak bernama NGAROROI ZEBUA Als AMA DESCE mendatangi rumah orangtua Bobby menanyakan apakah Bobby sudah pulang ke rumah atau belum, berhubung Mekar anak bapak Ama Desce tersebut kemudian diketahui juga masih belum pulang ke rumah sama halnya seperti Bobby. Bobby dan Mekar bersahabat, mereka tinggal di desa yang sama dan masih satu sekolah yang sama dan hanya berbeda kelas saja. Selanjutnya di keesokan harinya Happy Lia Zebua Als Happy kakak kandung Bobby pergi ke kantor Polisi untuk melihat apakah Bobby dan Mekar ada dalam tahanan polisi bila mana kedua anak tersebut telah melakukan kejahatan dan kemudian ditahan oleh polisi, tetapi tetap saja kedua anak tersebut tidak ada dalam tahanan Polres Nias.

Pada hari Jumat sekira pukul 08.00 WIB Ibu Bobby pergi ke sekolah memenuhi surat panggilan dari pihak sekolah yang menginformasikan bahwa Bobby sudah 4 (empat) hari tidak masuk sekolah. Pada kesempatan itu juga Ibu Bobby menginformasikan kepada guru dan kepala sekolah bahwa sejak hari Senin dalam minggu ini Bobby belum pulang ke rumah dan setelah Wali Kelas memeriksa daftar hadir murid kelas 1-7C bahwa benar hanya pada hari Senin saja Bobby masuk sekolah pada minggu ini. Karena tidak ada kejelasan tentang keberadaan Bobby maka baru pada hari Sabtu sekira pukul 12.30 pihak keluarga menghubungi Children Center Gunungsitoli Pusaka Indonesia – UNICEF Via telepon untuk menginformasikan kasus kehilangan salah seorang anak mereka.

Menindaklanjuti informasi tersebut staf CC langsung menuju kediaman orangtua Bobby yang berada di Desa Tumori Kec. Gunungsitoli. Kemudian diperoleh informasi tambahan bahwa rupanya bukan hanya Bobby saja anak sekolah yang belum pulang ke rumah di desa itu tetapi satu orang anak bernama MEKARAMAN ZEBUA yang merupakan teman sekolahnya.

Orangtua Bobby menginformasikan bahwa Bobby pada hari Kamis (5 hari sebelum hilang) pernah dimarahi oleh Bapaknya karena tidak mengembalikan uang dari penjualan coklat seberat 3 kg dengan menamparnya sebanyak 3 kali. Juga diketahui pada hari Sabtu (19/01/08) Bobby meminta izin kepada orangtua untuk mengikuti kegiatan belajar tambahan di sekolah tetapi belakang diketahui keluarga bahwa Bobby pergi memancing di pinggir pantai. Pernah juga Bobby meminta uang sebesar Rp. 25.000 kepada ibu dan kakaknya untuk membeli sebuah radio tetapi tidak diberikan kepadanya. Orangtuanya tidak menduga Bobby akan pergi dan tidak memberitahukan keberadaannya hingga laporan ini dibuat.

Menurut pengakuan Ibu Mekaraman bahwa anaknya Mekar tidak pernah minggat/ lari dari rumah, kalaupun mau keluar rumah untuk mengikuti kegiatan Mekar pasti minta izin dan memberitahukan kemana dia pergi. Dan biasanya Mekar paling telat pulang sekolah pukul 15.00 WIB. Oleh karenanya ketika lewat pukul tersebut pada hari Senin lalu, kami langsung mencarinya ke rumah keluarga yang ada di Desa Sifalate (Ama Darius, Ama Titin Halawa) serta mencarinya di pasar dan meminta Happy kakak kandung Bobby untuk melihat apakah mereka ada di dalam penjara polisi siapa tahu mereka terlibat kasus tertentu lalu ditangkap polisi. Informasi yang kemudian diperoleh salah seorang kerabat keluarga an. Dasar Iman yang adalah petugas PAS Pelabuhan Gunungsitoli pernah melihat Bobby dan Mekar sedang berjalan-jalan di dalam pelabuhan tetapi pada saat itu Dasar Iman tidak tahu tujuan kedua anak tersebut datang ke pelabuhan.

Pada saat dimana kedua anak tersebut menghilang
1. EKAHEL SYUKURMAN SALEH ZEBUA ; berpakaian seragam sekolah SMP (baju putih, celana pendek biru, memakai jaket jas hitam, topi warna hitam)
2. MEKARAMAN ZEBUA ALS MEKA ; berpakaian ; berpakaian seragam sekolah SMP (baju putih, celana pendek biru) memakai topi warna hitam bergaris merah.

Setelah memperoleh kronologis kasus, staf CC menyarankan agar kejadian ini segera dilaporkan kepada pihak Polres Nias. Kedua pihak keluarga setuju untuk melaporkannya dengan didampingi oleh Staf CC menuju kantor Polres Nias Gunungsitoli dan laporan diterima oleh MBS. Sihombing (SPK Polres Nias). Adapun pihak keluarga yang melapor adalah kakak kandung Bobby bernama Happy Lian Zebua Als Happy. Laporan dengan Nomor : LKB/85/I/2008/NS kemudian ditindaklanjuti di Bagian Reskrim Polres Nias yang diterima oleh Personil Anggota Polres Nias atas nama Bapak Agus. Happy Lian Zebua Als Happy kemudian dimintai keterangannya sehubungan dengan laporan yang diberikannya.

Selanjutnya Happy bersama dengan staf Pusaka Indonesia mendatangi Kantor RRI Gunungsitoli yang berada di Desa Iraonogeba Gunungsitoli yang meminta kepada RRI untuk menyiarkan lewat radio tentang kasus 2 anak hilang ini. RRI meminta agar pengajuan permohonan penyiaran berita hilangnya anak tersebut disertai dengan fotocopy KTP orangtua anak dan diantar dan disampaikan langsung oleh orangtua anak yang bersangkutan.

Hingga saat ini belum diketahui secara jelas motif hilangnya kedua orang anak tersebut. CC akan terus mendampingi kasus ini dan akan menginformasikan jika ada perkembangan baru.

Intervensi/ bantuan yang akan diberikan :
1. Mengambil kronologis lengkap dan identitas anak beserta foto kedua orang anak
2. Mendampingi keluarga melapor ke Polres Nias
3. Mendampingi keluarga ke RRI untuk menyiarkan lewat radio
4. Meminta bantuan pihak pers untuk memuat berita kasus anak hilang dalam Koran
5. Membuat selebaran/poster yang akan ditempel pada lokasi-lokas strategis
6. Menginformasikan hal ini dan meminta kepada management Pusaka Indonesia, UNICEF, Sekber, Bagian Sosial Setda Kab. Nias dan LSM yang konsern terhadap perlindungan anak dan perempuan untuk penyelesaian kasus dan ditemukannya kedua anak ini.


By : Joni Ar. Nazara
CC Gunungsitoli
0852 9704 2577
kingwali7@yahoo.co.id,
kingwali7@gmail.com

untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi alamat tersebut di atas. poster anak hilang dapat anda dapatkan via email.

Response:
Your Name:
City or Home Address:
Email:

Responlah dengan sopan, tidak kasar, tidak merusak nama baik pihak lain, bukan fitnah, atau tidak bersifat ancaman maupun caci-maki.

Hindari menanggapi topik / respon yang tidak layak atau tidak pantas sehingga tujuan si pembuat topik / respon tidak tercapai.

Hindari menggunakan nama samaran yang mengacu pada nama atau identitas orang lain.

©2000-2008 NiasIsland.Com. All rights reserved.

The first version was launched on 9 Sept 2000