NiasIsland.Com Logo

www.NiasIsland.Com
Providing you with some information about Nias Island

  Era-Era (Opinion | Article | Ref)
 

Fri, 03 February 2017 10:17:48 | Dermawan waruwu (wawan) | Jakarta | 112.215.151.68
RUMAH DI JUAL SEGERA
Yaahowu Rumah di jual di Wilayah kota madya gunung sitoli Di alamat Tanpa perantara. Jl.dipenegoro gg nusantara II Berhadapan dgn SDN.SIFALAETE. LUAS ...

  • 

PABRIK PENGOLAHAN SAMPAH DI PULAU NIAS

  • 

SERUAN BUAT EX TUHEMBERUA

  • 

Eksotisme Tradisi Musik Nias

  • 

Nias Harus Buat RTRW Gempa

  • 

Refleksi Sumpah Pemuda

  • 

Rumah Adat Nias Melawan Waktu

  • 

NIAS TIMUR SUDAH PANTAS DIMEKARKAN SEBAGAI SALAH SATU OTONOMI DAERAH YANG BARU di KEPULAUAN NIAS, SE

  • 

HAK KONSTITUSI

  • 

ORGANISASI HIMNI TETAP EKSIS !! TAPI BAGAIMANA DENGAN OKNUM PENGURUS ??

  • 

Kebersamaan Memahami Provinsi Kepulauan Nias

  • 

Mimpi Provinsi Kepulauan Nias

  Index   Add

  Last Commented
 
 

Wed, 15 November 2017 03:59:46 | jane | 44 palm street | 197.210.227.49
Suster Klara dan Rumah Inap Kasihnya32 Responses

 

Wed, 08 November 2017 22:19:40 | Angeraigo Laia | Kac,Bawolato | 114.125.37.92
Ferry Jet Jumbo Layani Pelayaran Sibolga-Nias 3 Jam1 Responses

 

Sat, 28 October 2017 13:25:32 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias selatan | 114.125.53.210
Editor Media Online Dipanggil Penyidik Poldasu7 Responses

 

Sat, 28 October 2017 11:31:35 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias Selatan | 114.125.53.148
Pemerintah Bidik Nias Destinasi Andalan Dongkrak Kunjungan Wisman2 Responses

 

Tue, 24 October 2017 08:54:48 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias selatan | 114.125.57.8
DPRD: Rencana Konversi Karet di Nias Dipertanyakan29 Responses

 

Sun, 15 October 2017 14:41:09 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias Selatan. | 114.124.237.152
Kenapa Nias Tak Disukai Orang?6 Responses

 

Sun, 01 October 2017 19:29:32 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.ulunoyo nias selatan | 114.124.166.62
Tersangka Kasus Korupsi Nias Water Park Segera Disidang2 Responses

 

Sun, 15 October 2006 21:37:57 | Fotarisman Zaluchu (IP = 61.94.216.138) | Medan
Yubilium 141 Tahun Berita Injil di Nias: Sebuah Refleksi Bagi Keberadaan BNKP
Jakarta (NiasIsland.Com)

(Catatan: tulisan ini dimuat di Harian SIB, MInggu, 15 Oktober 2006)

Tanggal 27 September 2006 pekan lalu, berita injil resmi “mendarat” di Pulau Nias, Pulau yang kini terdiri dari dua Kabupaten, yaitu Kabupaten Nias dan Kabupaten Nias Selatan. Perayaan ini dilakukan oleh seluruh warga gereja yang kini berada di Pulau Nias, termasuk salah satunya warga BNKP di luar pulau tersebut.

Bagaimana berita Injil Keselamatan bisa sampai di Pulau Nias? Adalah LE Denninger, seorang misionaris yang sebelumnya berada di Padang, Sumatera Barat, kemudian karena interaksinya dengan warga yang berasal dari Pulau Nias kemudian tertarik untuk menyatakan Injil di sana. Selama di Padang, Denninger kemudian belajar mengenai Pulau Nias, termasuk bahasa dan kulturnya.

Maka pada tahun 1865, tepat pada tanggal 27 September tadi, sampailah Denninger di Gunungsitoli. Tanggal itulah yang kemudian dirayakan sebagai masuknya injil ke Pulau Nias. Denninger kemudian “membuka” Nias dengan melakukan penginjilan melalui proses budaya. Sejak lama Dennginer tahu apa artinya tembakau dalam interaksi masyarakat Nias. Denninger kemudian menggunakan cara itu sambil berjalan memberitakan injil. Meski agama suku dan kepercayaan animisme masih sangat kuat, namun Denninger tetap tidak menyerah.

Kerja kerasnya memang tidak sia-sia. Pada tahun 1874, baptisan pertama di Pulau Nias berhasil dilakukan. Sebanyak 24 orang percaya dan kemudian memberikan dirinya kepada Tuhan. Susul menyusul kemudian, ketika para misionaris silih berganti datang, jumlah orang yang percaya semakin banyak. Setelah gereja pertama di Pulau Nias berdiri pada tahun 1876, perkembangan Injil semakin pesat. Seluruh wilayah di Pulau Nias kemudian menjadi ladang penyebaran Injil.
Sampai kini, jumlah warga jemaat BNKP sebagai gereja pertama dan yang terbesar mencapai 304.651 jiwa dengan jumlah hamba Tuhan sebanyak 185 orang. Dibandingkan dengan 141 tahun yang lalu, telah terjadi reproduksi yang amat besar. 141 tahun yang lalu, hanya ada keluarga Denninger sebagai hamba Tuhan yang percaya dan mengenal Tuhan di Pulau Nias, tanpa ada jemaat yang percaya. Sembilan tahun setelah itu, Tuhan menambahkan jiwa baru. Gerakan pertobatan massal bahkan pernah terjadi pada tahun 1915 dan sesudahnya. Kini warga BNKP (tidak termasuk gereja lainnya) adalah 40 persen lebih dari penduduk di Pulau Nias, baik di Kabupaten Nias maupun di Kabupaten Nias Selatan.

Kondisi Kini

Seperti apa wajah Injil di Pulau Nias kini, dalam hubungannya dengan pekerjaan pelayanan yang telah diletakkan oleh Denninger, dan kini diteruskan salah satunya oleh BNKP?

Pekerjaan penyebaran injil di Pulau Nias memang kelihatannya sudah tidak lagi diperlukan. Pekerjaan yang kini dilakukan oleh BNKP justru menghasilkan buah, mengirim para misionaris ke luar Pulau Nias, salah satu diantaranya adalah ke suku yang terabaikan di luar negara kita.

Secara statistik, memang terjadi perubahan. Agama suku tidak lagi mendominsi. Berbagai kuasa kegelapan kini telah menjadi masa lalu. Masyarakat di Pulau Nias juga sudah hidup dalam rutinitas yang dikembangkan oleh BNKP, mulai dari beribadah sampai dengan penggalian kebenaran Firman Tuhan. BNKP bahkan telah pula memiliki sekolah theologia sendiri, bernama STT Sunderman, nama seorang misionaris yang membuka Sekolah Guru yang pertama di Pulau Nias.

Berpuluh tahun yang lalu, BNKP memang telah menjadi sebuah fenomena. Dengan kekuatan injilnya, BNKP mengubah wajah Pulau Nias yang menyeramkan menjadi lebih baik. BNKP mendirikan sekolah, bahkan mendirikan layanan kesehatan. BNKP juga melakukan pemberdayaan warganya dengan memberikan berbagai kesempatan untuk lebih maju.

Seiring dengan berbagai kemajuan, BNKP kini adalah sebuah lembaga gereja yang terengah-engah, berpacu dengan tantangan. Dari dalam tubuh BNKP sendiri, ada berbagai persoalan yang sangat tidak mudah diatasi, yaitu keinginan untuk melakukan perubahan dan pembaruan dengan mereka yang ingin mempertahankan pola lama. Persoalan yang dihadapi BNKP juga terjadi ketika BNKP kemudian mengalami perpecahan sehingga menghasilkan kelompok gereja lain. Konflik dan perebutan asset menambah panjang daftar penyebab mandegnya keberadaan dan kreativitas BNKP sekarang ini.

Puncaknya adalah ketika BNKP kemudian terlibat dalam politik praktis. Pada level normatif meski tidak pernah diakui olehnya, BNKP yang seharusnya mampu meraih dukungan politik terbesar dalam putaran pemilihan Kepala Daerah justru dipermalukan. Permainan politik yang terjadi ternyata ”menyingkirkan” sosok ”pilihan” elit BNKP. Kini BNKP terutama jajaran beberapa pendeta dan tokohnya menuai gugatan psikologis yang sangat besar dari warga BNKP sendiri.

Pilihan
Sudah 141 tahun Injil Keselamatan di Pulau Nias. Sudah sejak 1936 BNKP berdiri yang diawali dari Gunungsitoli. Kini pertanyaan mendasar adalah, hendak kemana BNKP akan melangkahkan kaki?

Refleksi memang pantas dilakukan oleh mereka yang concern kepada BNKP. Sebagai gereja tertua yang berada di Pulau Nias, BNKP berada dalam lingkup kehidupan masyarakat yang miskin. Menurut data, Pulau Nias berada di urutan terbawah daerah dengan potensi terendah, berada di urutan terakhir dan pengukurans regional development indeks, dan berada di urutan teratas dari masalah kesejahteraan.

Demikian juga, BNKP berada di dalam sebuah komunitas masyarakat yang sedang mengalami bencana. Sejak bencana terjadi, kekacauan terjadi di sana. Kekacauan yang kita maksudkan adalah hilangnya harapan, beban kehidupan yang semakin berat dan ancaman perubahan kehidupan yang semakin tidak pasti.

Apa artinya? Reposisi diperlukan. Reposisi peran adalah sebuah keniscayaan. Keberadaan BNKP yang pernah menjadi pemicu dan pemberdaya warga masyarakat seolah dipertanyakan ulang, mengingat semakin sedikitnya peran dan partisipasi BNKP di dalam kehidupan dan keseharian warga. BNKP, kita kuatirkan, telah menjadi sebuah monumen bernama ”gereja tua”, yang sudah semakin kehilangan tempat, nama dan peran dalam kehidupan masyarakat di Pulau Nias yang semakin kompleks. BNKP mungkin sudah hanya menjadi alat legislasi keagamaan yang diperlukan sebagai formalitas belaka. BNKP mungkin sudah kehilangan hasrat dan gairah untuk membangun iman warga BNKP sendiri, warga masyarakat lain dan bagi Pulau Nias. Jika ini terjadi, maka Tuhan pun pastilah akan menangis. Ia telah mengirimkan Denninger 141 tahun yang lalu, supaya Pulau Nias mengenalNya dan jauh dari kegelapan. Pertanyaan kini adalah, sudahkah BNKP menjadi saluran berkat yang mengentaskan kegelapan di Pulau Nias? Sudahkah BNKP benar-benar berperan sebagai ”lilin” supaya masyarakat Nias semakin beriman, semakin tekun mencintai Tuhan dan semakin bertumbuh dalam kebenaran? Sudahkah BNKP sebagai gereja telah menjadi tempat yang dirindukan oleh warganya sendiri, dimana mereka menunjukkan pola hidup yang tekun beribadah dan memuji Tuhan? Sudahkah BNKP menjadi gereja yang mengajarkan cara hidup sebagai anak Tuhan di setiap lini kehidupan masyarakat di Pulau Nias?

Kita semua, warga gereja BNKP-lah yang menjawab semua tanya itu. Seharusnya, 141 tahun, bukan waktu singkat untuk bisa menjadi sesuatu kini. Karena itu, masih dalam suasana Yubilium ini, adalah saat untuk mengambil langkah penting dalam rangka kemajuan BNKP sendiri. BNKP harus merumuskan ulang keberadaannya sebagai gereja di Pulau Nias.

Terlepas dari hal itu, bagi warga gereja BNKP, sungguh Tuhan telah bermurah hati menyatakan diri di Pulau Nias. Seandainya tidak ada Denninger dan hamba-hambaNya yang lain mungkin Pulau Nias tidak akan pernah ”terang”. Karena itu, marilah semua yang mengenal Dia berlomba-lomba bekerja bagi Dia, membawa terang kekal kepada semua orang dimana saja dan kapan saja (Penulis Fotarisman Zaluchu, warga Jemaat BNKP Hilisawato Simalingkar, Medan, penulis buku rohani, pemilik situs http://fotarismanzaluchu.blogspot.com)

First|Previous    Next|Last

Pick Date
No Resp-Time Resp-by Address Email IP
1. Thu, 26 January 2017 00:02:27 Hetiaro buulolo. Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias Selatan Hetiarobuulolo@ymail.com 114.121.154.167
Sy sgt setuju staiment diatas berhenti membohongi kami rakyat kecil di nias Bpk dan ibu krn kasihan nasib kami msykt yg berada dibeberapa desa ditiap2 yg tersebar kecamatan yg serba susah kehidupannya scara ekonomi...boro2 kami msykt mememiki pendapatan setiap hari Rp 50.000 sesuai komentar diatas kadang tiap hari masuk angin akibat usus 12 jari masih ada yg kosong krn blm mendapatkan lowongan kerjaan resmi dari Pemerintah daerah Nias dan pemerintah pusat- namun sampai saat ini kami masih setia menunggu tanggung jawab Negara itu kpd Rakyatnya jk dipenuhi..tp secara hukum sih wajib mensejahteraan rakyatnya dg adil dan merata tanpa pilih kasih warna kulit..krn Negara tlh diberi hak Oleh UUD 45 pasal 33 utk mengelola hasil kekayaan Bumi dan laut utk kesejahteraan msykt diseluruh Indonesia dan termasuk utk kt kesejahteraan msykt kt nias dgn adil dan merata baik antara pejabat maupun utk kt msykt kecil krn kt manusia yg dihidup diatas bumi Indonesia sama2 memiliki perut dan Usus 12 belas jari yg perlu diisi 3 kal sehari.tksh dan semoga hal bisa terwujud ke dpn sesuai amanah UUD 45 Shg kesejangan sosial bisa diatasi dg baik jk ada pemerataan pembagian Harta karung bangsa kita ini.
2. Sat, 25 February 2017 18:50:44 Hetiaro buulolo Desa Amorosa ke.Ulunoyo Nias selatan Hetiarobuulolo@ymail.com 114.121.129.100
Sekalipun sy hanya anak desa pantas dibuang dipinggir jalan Namun masukan beberapa yg disampaikan lewat Media sosial cukup krn rata2 memiliki maksud baik dan juga sindiran kpd Anak2 dan Bapak dan ibu2 baik yg ada didesa dan tdk tertutup kemungkinan kpd Bpk2 dan ibu2 kita yg ada dikota manapun--Menurut pdpt jk jk Mau maju daerah Nias langkah pertama semua anak2 usia 15 thn sampai usia 50 thn kawal setiap dana Alokasi desa yg masuk disetiap desa masing2 jgn byk yg menguap dari pd yg dijalankan krn desa maju secara tdk langsung terjadi Pemberatan Kemajuan diPulau Nias..jk ada yg dicuriagai tanyakan kpd phk terkait- lalu yg ke 2 Masalah Caleg kalo menurut sy figur utama bagi sy adalah Figur Caleg yg memiliki kejujuran da memiliki sifat membangun daerah/perduli dg msykt & memiliki sosial Tinggi baik dlm keadaan susah dan bahagia: Figur itulah pilihan sy jk ada meskinpun hanya tamatan SMA tp jk sdh sarjana lebih Mantap lg krn wawasannya tdk diragukan jk ke Ibu kota bahkan di forum2 Top lainnya--kurang sependapat sy jk ada Caleg dan pemimpin dimanapun daerah jk melihat ada rakyat miskin/susah dan sakit dilewati dan pura2 nggak tau tp baiknya seorang pemimpin yg bijak memberi masukan/arahan atau perjuangkan hak mrk...mungkin bisa lewat bgm cara memaanfaatkan JKN agar msykt kecil tertolong dan sambil melakukan pengawasan diberbagai pelayanan Publik ditiap2 sy sara itu yg mulia...tp beruntung skrg ini tdk ada lg yg saling tolong-menolong dan menutupi kesalahan atau kejahatan antara satu dg yg lain krn hal itu dosa dan melanggar UU dan bertetangan dgn nilai2 sosial Kemanusian krn fungsi Caleg jk jadi pemimpin memperjuangkan hak2 msykt byk bukan hanya hak pribadi dan macam2 Tunjangan sj..itu namanya jauh dari harapan msykt..tksh yaahowu...
3. Wed, 16 August 2017 14:46:37 Bishop Elijah indonesia bishopelijah002@hotmail.com 197.211.59.130
Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang atau memulai bisnis jika saya menghubungi Bishop Elijah melalui mail bishopelijahloanfirm002@hotmail.com atau apa yang dikatakan oleh Bishop Elijah +2349035555247
4. Sun, 29 October 2017 05:00:25 fred edwards jakarta amh_finance@outlook.com 23.27.244.136
Saya berinvestasi di proyek sampai $ 150,000,000.00. Saya Berinvestasi dalam proyek startup, pekerjaan bisnis, pengembangan bisnis, proyek jangka panjang. Proyek web yang menarik di bidang layanan TI, layanan outsourcing, desain dan akan mempertimbangkan semua proposal jika model bisnis, rencana bisnis, presentasi proyek yang jelas disampaikan ke bisnis investasi, proyek inovatif dan menguntungkan dengan struktur transaksi yang transparan.

Awalnya saya sedang mempertimbangkan proyek digital. Diterima untuk dipertimbangkan: sebuah proyek dengan gagasan orisinil atau hanya ceruk baru yang muncul di pasar Bisnis dan kemungkinan keuntungan dari analog yang ada, keuntungan yang jelas dari analog lain, jika ada di pasar luar negeri. Payback period dari 1 sampai 25 tahun. Jumlah investasi dan syarat kerja sama ditentukan secara individual dalam setiap kasus. Saya akan meninjau proposal yang menarik bagi saya. Anda bisa menghubungi Ahmed Mustapha Finance melalui e-mail: amh_finance@outlook.com

First|Previous    Next|Last

Number of records = 0
Response:
Your Name:
City or Home Address:
Email:

Responlah dengan sopan, tidak kasar, tidak merusak nama baik pihak lain, bukan fitnah, atau tidak bersifat ancaman maupun caci-maki.

Hindari menanggapi topik / respon yang tidak layak atau tidak pantas sehingga tujuan si pembuat topik / respon tidak tercapai.

Hindari menggunakan nama samaran yang mengacu pada nama atau identitas orang lain.

©2000-2008 NiasIsland.Com. All rights reserved.

The first version was launched on 9 Sept 2000