NiasIsland.Com Logo

www.NiasIsland.Com
Providing you with some information about Nias Island

               
Date Seq-No Name Address Email IP
2007-01-23 0002 Memory Pekanbaru www.memory_oracle@yahoo.com 208.110.21.130
Tue, 23 January 2007 12:30:32

Hello everybody..I am Memory Zebua.Now I'm studying in Politeknik Caltex Riau on Pekanbaru.

Maybe this is the first time I sent email here.I'm very glad when I rad all of email above.especially when I knew that there is a girl/woman from out of Nias be a Nias people.Wellcome and congratulations to Mrs Blanche Zalukhu.I hope you'll happy to be nias people.

For others,how do you do?I wanna be your friend.so I hope that all of you want to make me be your friend.

that's all for this time,see you next time.GBU all...
2007-01-23 0003 adiguna Bukittinggi alx_adi@yahoo.co.id 61.94.234.24
Tue, 23 January 2007 17:40:57

Salam Sejahtera Selalu....
Saya memang belum pernah datang ke Pulau Nias, namun saya banyak membaca literatur dan bergaul dengan warga Nias..., saya suka melihat berbagai keindahan yang ada di pulau Nias walau hanya lewat gambar, photo dll...., kebetulan pacar saya adlah orang ( suku ) Nias..., yang menjadi ganjelan hati saya hingga saat ini, kenapa adat Nias senantiasa dan selalu menentang kehadiran orang di luar suku NIAS untuk dapat hadir dalam keluarga besar mereka ??? saya tidak tahu apakah ini memang adat yang sdh mengakar atau hanya dilakukan olh beberapa pribadi saja yang tidak mewakili warga Nias pada umum'nya...., orang-orang tua (NIAS) cenderung untuk menjalankan sistem Perjodohan dibandingkan dengan memberikan keleluasaan atau kebebasan bagi anak2nya (khususnya Wanita) untuk memilih...,mohon penjelasan dari teman2, sahabat dan handai tolan... :-) ..terima kasih dan mohon maaf sebelumnya jika ada salah kata yg sekiranya tdk pantas...

Best Regards....
2007-01-23 0004 Salawa Kota BESAR gaelegaele@yahoo.com 222.124.136.37
Tue, 23 January 2007 19:14:39

Salam buat Sdr adiguna...

Saya seneng ada pertanyaan semacam ini...

Tapi sedikit aneh soalnya...menurut keterangan sodara merasa susah mendekati keluarga calon pasangAn termasuk keluarga basarnya sementarA sodara tak pernah dtg ke NIAS.

Jika kebiasaan orang nias yang slalu mencari jodoh anaknya, sebenarnya cara itu masih belum termasuk adat tapi hanyalah rasa peduli sang orang tua memperhatikan masa depan si anak
2007-01-23 0005 juan korea warno_moi@yahoo.com 211.62.173.31
Tue, 23 January 2007 19:47:56

to.bang Luther Laroza
YA'AHOWU
trimakasih bang atas dukungan nya terhadap pembangunan di NIAS yang
2007-01-23 0006 juan gui-gui anak_danoniha@yahoo.com 211.62.173.31
Tue, 23 January 2007 19:53:14

maaf bang lutherbersambung aku jd lapar.............
kapan2 aja lagi kt sambung.
2007-01-23 0007 a1305d bdg07 ad@sctv.co.id 222.124.95.186
Tue, 23 January 2007 20:04:08

buat juan apa kabare..? semoga sehat selalu
2007-01-24 0001 Memory Pekanbaru www.memory_oracle@yahoo.com 208.110.21.130
Wed, 24 January 2007 10:50:48

Buat saudara Adiguna....
Sebenarnya orang bukan termasuk orang2 yang suka menutup diri.Orang nias tidak pernah menolak kadatangan orang di luar nias,termasuk dalam hal membina hubungan kekeluargaan.untuk membuktikannya,kalau ada waktu saudara bisa jalan-jalan ke pulau Nias dan bisa melihat banyak orang dari suku-di luar nias pastinya-yang sudah berdomisili di pulau Nias.Mereka juga-sama seperti saudara-membina hubungan kekeluargaan (pacar,istri,suami,dll...) dengan orang nias.Jadi,saya rasa saudara tidak perlu mengkhawatirkan hal ini.

Mengenai perjodohan,saya setuju dengan saudara SALAWA.itu hanya cara orangtua untuk menjamin kebaikan masa depan anaknya dan itu bukanlah suatu hal yang mutlak.toh,yang menjalani kan si anak bukan orangtuanya.jadi,seorang anak tetap punya hak untuk menentukan jodohnya sendiri.

Demikian infonya,semoga dapat membantu anda..salam buat orang2 nias di Bukittinggi..GBU all...Ya'ahowu
2007-01-24 0002 ivon telaumbanua Gomo boronadu@yahoo.co.id 202.95.154.154
Wed, 24 January 2007 20:48:48

To : Adik Nover...............di Jogja
Gimana dek apa udah baca surat abang, mudah-mudahan adik dapat bergabung pada rubrik ini karena sangat penting untuk tukar informasi dan dapat menjadi bahan untuk kita mengenal Nias lebih jauh.

Buat Sdr. Adiguna..........!
Hal yang Sdr khwatirkan tentang adat orang Nias memang benar tetapi hal tersebut kejadiannya dulu, sementara sekarang ini Masyarakat Nias lebih mengedepankan sikap persahabatan yang pastinya masalah adat tidak diabaikan akan tetapi lebih disempurnakan untuk pelestariannya.
Coba aja datang ke Kecamatan Gomo, yang salah satu kampung tertua yang merupakan asal-usul masyarakat Nias, jangankan Saudara bawa beban jujuran kalau kepingin menikah, bawa senyum saja sudah pasti Saudara dihadiahkan gadis yang original, ha.....ha.....ha.....!
Makasih ya ...buat teman-teman yang sering nulis dirubrik ini tapi seandainya tak keberatan, tolong deh.......diceritakan masalah pengalaman masing-masing baik adat maupun kemajuan pembangunannya dimasing-masing daerah.
Ya'ahowu................................................................ fefu yaita banuada!
2007-01-26 0001 Andi Lampung andy_nihabali@yahoo.com 125.162.126.26
Fri, 26 January 2007 12:47:56

Syaloom....Ya'ahowu.....
salam kenal, saya orang Jawa. Saya punya pacar orang Nias (Teluk Dalam). Dia anak bungsu dari keluarga Bangsawan Nias. saya bukan orang yang kaya tetapi pacar saya mau menerima saya apa adanya. lalu yang saya tanyakan adalah bagaimana tentang jujuran di dalam adat Nias Selatan. Kira-kira kisarannya sampai berapa ya.? Kalau saya boleh tahu saya minta biodata anda. Terima Kasih. Ya'ahowu....
2007-01-26 0002 'noel Sirombu-Nias nueldly@yahoo.co.id 222.124.138.6
Fri, 26 January 2007 16:08:32

Buat saudara Adiguna.
Saya sedikit memberikan gambaran buat kamu tentang adat perkawinan di Nias. Seperti yang disampaikan oleh rekan-rekan diatas bahwa mereka banyak mempertanyakan, kenapa anda berpikiran seperti itu sementara anda sendiri belum pernah ke Nias...????
Saya sedikit memberikan masukkan buat kamu bahwa Nias dulu dengan Nias sekarang adalah sudah banyak berubah. Dulu mungkin banyak sistem penjodohan tetapi sekarang hal itu sudah jarang sekali terjadi. Saudara jangan mengalah dulu sebelum saudara mencobanya. Karena mungkin yang saudera dengar dari orang-orang, tidak sama dengan kejadiannya sekarang ini. Setahu saya, orang Nias sangat terbuka terhadap orang atau suku lain.
Jadi, saudara tak perlu takut dengan itu. Ini adalah salah satu tantangan bagi kamu untuk bisa mewujudkan impianmu.
You must be gentleman !!!!
2007-01-27 0001 Marthin D. Laia Pringsewu - Lampung de_larosa70@yahoo.co.id 222.124.137.164
Sat, 27 January 2007 10:45:21

Buat Andi.
Syalom,
Kalo saudara mau sharing masalah jujuran di dalam adat Nias Selatan , mungkin sedikitnya boleh saya bantu. Tapi gak mungkin dong saya mau beberin di sini, just secret a little. Kebetulan saya adalah putra Nias Selatan (Botohili / Bawomataluo) yang sudah berdomisili di Lampung sejak tahun 1994 tepatnya di sekitar Pringsewu. Kalo tidak keberatan boleh kah anda menjelaskan tentang anda dan tempatnya yang jelas, maksudku alamatnya di Lampung. Apakah anda suku Jawa atau Bali (emailmu NIHA BALI = orang Bali).
Untuk info selanjutnya silahkan hubungi emailku : de_larosa70@yahoo.co.id. Phone 0856-68138088.
Terimakasih, Yaahowu.
2007-01-27 0002 mario medan sky_man@telkom.net 61.94.216.226
Sat, 27 January 2007 17:24:43

lam kenal semuanya. Yahowu...
Bagi teman2 yang tulisannya ingin muat pada Tabloid Nias Kita edisi perdana harap segera die-mail : sky_man@telkom.net.
Rubrik yang tersedia antara lain : Suara pembaca, Iptek< Olah raga, kesehatan, menu makanan, musik, perjalanan, ekonomi, politik, budaya...dll
untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi MARIO (061) 77597683 ( flexy)....
trims
2007-01-27 0003 adiguna bukittinggi alx_adi@yahoo.co.id 125.162.94.18
Sat, 27 January 2007 18:17:11

Dear all of U....... :-)
Thx before to Saudara/saudari.... Memory..., Ivon Telaumbanua..., Noel.., and Salawa...
terima kasih udah memberi sedikit tanggapan dan gambaran menyangkut tulisan saya sebelumnya..., Thx for u'r support..., sedikit tambahan saja, saya memang belum pernah ke Nias, dan saya tidak pernah bermaksud menghakimi thd Nias, saya hanya berkeinginan untuk Share di sini.., mudah-mudahan dalam waktu dekat saya dapat singgah ke Nias.., Nias is my country too... :-)
be a gentleman... Noel said....., I was it... Noel.... :-)
I was try everything that I can.., but it can't changed anything.., so ..life must go on...! She is not for me....maybe... :-)
semoga kebersmaan kita di situs ini senantiasa terjalin terus...
keep smile Nias people...! We must go to the future..., Nias is the best places ... i know that..
maju terus Pulau Nias, berbenah lah kita u/ kemajuan bersama...
toek Noel....., Thx...bro....!!
Love U.. all.... :-)
2007-01-28 0001 Nover Zebua Jogjakarta gomo_zeb_augm@yahoo.co.id 202.95.156.228
Sun, 28 January 2007 06:39:17

Kh˘ Bang Ivon Tel ......... di Gomo ---- Nias Selatan

saohag˘l˘ balasannya... sekaligus mohon maaf karena terlambat ndra'odo wo baso sura moroi kh˘ abang...

TURUT BERDUKA CITA ATAS MENINGGALNYA Bpk. A. LAWE, semoga BELIAU mendapatkan tempat yang LAYAK dan bagi keluarga yang ditinggalkan SEMOGA di berikan KETABAHAN.....

utk para netters, maaf telah mengganggu... waktunya sejenak :))

salam untuk Abang Ama Yanti dan Ama Rika.... Ya'ahowu
2007-01-28 0002 Memory Pekanbaru www.memory_oracle@yahoo.com 208.110.21.130
Sun, 28 January 2007 14:32:48

hai everybody...met hari minggu ya..
btw,aku mau minta tlg ni sama rekan2 netter.aku mau cari beberapa buku tentang pulau nias yang menyangkut budaya,asal-usul,adat dan kebiasaan,serta kalau ada masakan dan makanan khas dari Nias.
sebagai info,saya mahasiswa Politeknik Caltex Riau di Pekanbaru.
bagi teman2 yang tau dimana saya bisa mendapatkan buku2 tentang hal2 tersebut di atas tolong diberitahu ya..thanks b4..GBU all..;-)
2007-01-28 0003 Benny Giawa Bogor jazz_kid_benniez@yahoo.com 125.160.99.207
Sun, 28 January 2007 20:26:10

Ya'ahowu...

Salam hangat ya buat kita semua, buat saudaara Andi di Lampung sebenarnya adat nikah di Nias khususnya di Telukdalam udah sangat berbeda dibandingkan dengan zaman tempo dulu, jujurannya pun mungkin udah sangat berbeda apalagi sekarang tidak ada pandangan mengenai besar kecilnya jujuran yang ada yang penting keduanya mempelai benar-benar saling mencintai dan merasa bahagia kelak

Nah kebetulan saya juga orang Nias Selatan saudara Andi bisa konsultansi lebih ke email saya kalau perlu yang jelas anda tidak perlu mengkhawatirkan soal jujuran itu merupakan kesepakatan keduabelah pihak yang penting keduanya betul-betul siap untuk nikah

Ok GBU All
2007-01-29 0001 Kris Pasar Baru Sirombu krisman_daely@yahoo.com 202.6.239.122
Mon, 29 January 2007 09:14:06

Untuk NOEL madogu...

He mado boi kilaini wofonu kho Adiguna andro, manowai asondru dodonia..

Eh..Noara losifalukha ita, Hawaara soginotou...?
2007-02-01 0001 Daniela Rome - Italia daniela.oddi@gmail.com 85.18.14.0
Thu, 01 February 2007 06:30:21

Hi, my name is Daniela and i write to you from Italy, Rome.
I write to you for to know how are the situation in Nias. There is the structure of the tourist.. simply accomodation. I love indonesia, and in this year i will like to see the sumatra island, and also the Nias Island. i will like to make a big group of people.. for to see the beautiful thigs of Nias.
I hope you are all ok..
Besar cium from Italy
Daniela
2007-02-01 0002 JUN.SP.ZAI MEDAN Jun.sp.za@yahoo.com 203.130.192.186
Thu, 01 February 2007 06:37:48

Salam kenal buat orang Nias dimana pun berada ,hai saudara-saudaraku baik yang ada di pulau Nias maupun dimedan atau kota lainya mari bersatu membangun daerah kita,
salam dari kami: EDISON HALAWA,JUN.SP.ZAI.SAMARIA,LIDIA.ROGER,IMANUEL,MELDA,KARDIONO,LINDA,YANTI,DEBORA,SAMSON,SISWA-SISWI PLTC
2007-02-01 0003 Bayakomo Bumi Pertiwi bayakomo.laraga@gmail.com 61.94.247.105
Thu, 01 February 2007 10:22:51

Salam kenal juga buat saudara sekalian. Deretan nama kalian cukup banyak juga ya. Dari segi jumlah itu, kiranya tepatlah ajakan di atas: " Mari bersatu membangun daerah kita".

Ya'ahowu
Number of comment based on searching = 1017
Add Comment
Comment:
Name:
City or Home Address:
Email: